Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Profil Sejarah Band Sheila On 7

Sejarah Band Sheila On 7 memang menarik untuk diikuti. Sekarang band ini sudah sangat dikenal di Indonesia. Meskipun eksistensinya sudah dimulai sejak lama, lagunya masih didengarkan hingga hari ini.

Dengan sejarah panjang perjalanan Band Sheila On 7, mereka memiliki banyak kisah menarik yang bisa kita simak. Bahkan drummer yang sudah ada menjadi anggota Sheila On 7 selama 16 tahun yaitu Brian sudah memutuskan untuk hengkang, Walaupun banyak pihak menyayangkan keputusan tersebut, patut diakui kalau hal semacam ini tidak bisa dihindari ketika membahas sebuah band. 

Brian sendiri tercatat sudah tidak menjadi anggota Sheila On 7 sejak tanggal 6 April 2022.

Hebatnya keputusan tersebut tidak sampai membuat band ini pecah. Manajemen bersama dengan seluruh personel Sheila On 7 sudah melakukan diskusi internal terkait hal tersebut dan ini adalah keputusan terbaik yang tidak akan merugikan sheila on 7.

kisah awal mula terbentuknya Sheila On 7, sejarah band sheila on 7, Pada awalnya Sheila On 7 adalah sekumpulan anak-anak sekolah dari beberapa SMA

Mengenal Lebih Jauh Sejarah Sheila On 7

Dengan panjangnya sejarah band Sheila On 7, melihat personel yang keluar sudah seperti hal biasa. Namun adalah kesalahan jika menganggap kalau sejarah band ini hanya berhubungan dengan personel yang keluar masuk. Masih banyak hal menarik lain yang bisa diulas dari band asal Yogyakarta ini. Supaya lebih lengkap, langsung saja simak ulasan berikut.

Awal Pembentukan Band Sheila On 7

Membahas sejarah sheila on 7 tentu tidak akan lengkap jika belum membahas awal pembentukannya. Sheila on 7 pertama kali terbentuk pada tahun 1996. Ketika itu, pendiri utamanya adalah Erros dan Anton.

Anton menceritakan kalau ketika itu dia baru memulai hobi bermusik dengan memainkannya bersama teman sekolah. Namun ketika bertemu dengan Erros, dia mengaku merasa tertantang. Karena hal itu, Erros mengajaknya untuk membentuk Band dan lebih serius.

Sejak awal, targetnya sudah jelas yaitu terjun ke dunia musik. Dari sana, keduanya sepakat untuk membentuk sebuah band dan mengajak Sakti. Sakti sendiri sekarang memang sudah menjadi mantan personil dari Sheila On 7.

Ketika membahas sejarah sheila on 7, awal pembentukannya tidak langsung menuju proses pembuatan lagu baru. Pada tahap awal, band ini hanya sekadar melakukan jamming lagu-lagu terkenal di masa itu. Contohnya seperti Oasis, Bon Jovi, hingga U2.

Darisana, mereka akhirnya mengajak Adam. Adam sendiri disini adalah relasi Sakti dimana keduanya merupakan teman masa kecil. Dengan masuknya Adam, maka langsung mengisi posisi bassist dan Sakti akhirnya menjajal posisi vokal.

Meraih Beberapa Gelar Juara

Dalam sejarah sheila on 7, terlihat jelas kalau para personil ini memang berpotensi. Hal tersebut terlihat jelas dari skill para personilnya yang memang tidak perlu diragukan. Bahkan mereka langsung sukses menyabet banyak gelar juara dari kompetisi yang diikuti.

Setelah menjajal beberapa kompetisi dan merasa butuh tambahan musikalitas, Sheila On 7 akhirnya memutuskan untuk menambah personil. Di sana, band ini menambahkan instrumen seperti keyboard, dua orang penyanyi wanita, dan satu penyanyi pria. Untuk penyanyi atau vokalis pria yang ditambahkan sendiri, sekarang masyarakat mengenalnya dengan sebutan Duta. 

Formasi pertama Sheila On 7 terdiri dari Akhdiyat Duta Modjo (juga dikenal sebagai Duta, vokal), Saktia "Sakti" Ari Seno (gitar), Eross Candra (gitar), Adam Muhammad Subarkah (bass) dan Anton Widiastanto (drum). 

Penggemar juga pada akhirnya mulai berdatangan. Puncaknya sendiri adalah ketika band ini bekerjasama dengan salah satu program radio bernama Geronimo FM. Dari sana, namanya langsung melambung secara drastis.

Membuat Demo Lagu

Pada titik ini dalam sejarah sheila on 7, terlihat jelas kalau popularitas band ini sudah meningkat pesat. Dari sana, band ini akhirnya memutuskan untuk membuat demo lagu. Ketika itu, demo lagu yang pertama dibuat berjudul Kita.

Hebatnya, lagu tersebut tidak butuh waktu lama untuk dikenal masyarakat. Sejak awal kemunculannya, lagu ini langsung menarik perhatian dan banyak disukai. Peningkatan popularitas ini membuat label rekaman besar mulai memberikan perhatian.

Pada akhirnya, pihak yang sukses mendapatkan tanda tangan dari Sheila On 7 adalah Sony Music. Hebatnya kerja sama dengan Sony Music membuahkan hasil yang cukup mengagumkan. Itu karena, Sheila On 7 sukses mengeluarkan album di tahun 1999.

Anton Keluar dari Sheila On 7

Anton Widiastanto adalah orang yang sangat berjasa dalam sejarah sheila on 7. Namun kisan Anton di band ini tidak selama yang diperkirakan. Itu karena, Anton sendiri memutuskan untuk mundur dari Sheila On 7 pada tahun 2004.

Tentu posisi Anton sendiri tidak dibiarkan kosong begitu saja. Ia akhirnya digantikan oleh Brian. Kisah personel yang memutuskan untuk mundur tidak hanya berhenti di Brian. Itu karena, di tahun 2006 Sakti juga memutuskan untuk mundur.

Ini membuat tiga orang yang pertama kali mendirikan Sheila On 7 mundur satu per satu hingga akhirnya hanya menyisakan Erros. Ketika Sakti sudah keluar, Sheila On 7 sendiri akhirnya nyaman dengan formasi 4 orang hingga beberapa tahun kemudian.

Sejarah Nama Band Sheila On 7

Tidak lengkap membahas sejarah Sheila On 7 tanpa mengulas awal kata Sheila. Itu karena, nama Sheila sendiri seakan menjadi pertanyaan untuk beberapa orang. Sebenarnya dalam sebuah kesempatan, Erros pernah secara langsung menjelaskan alasan nama Sheila.

Menurut ceritanya, hampir semua personel Sheila On 7 mengenal seseorang yang bernama Sheila. Bahkan Sheila ini juga yang mengenalkan mereka semua. Sheila merupakan teman SMA Erros juga teman SD Adam dan Duta.

Bahkan Erros mengaku dikenalkan pada Adam dan Sakti oleh Sheila ini. Ketika itu, Adam dan Sakti memang terkenal pandai bermain musik di lingkungan rumahnya. Oleh karena itu, Erros sangat tertarik untuk mengajak keduanya ke dalam band.

Kisan Sheila On 7 sendiri masih belum berakhir. Oleh karena itu, sangat mungkin ke depannya sejarah tentang band ini akan semakin panjang. Namun Anda sendiri pasti selalu tertarik untuk mengetahui lebih jauh sejarah sheila on 7.

Profil personel terakhir Sheila On 7 

Duta lahir di Lexington, Kentucky, Amerika Serikat pada 30 April 1980. Ia dilahirkan di AS kerena pada saat itu ayahnya, Hakam S. Modjo sedang melanjutkan studi di Universitas Kentucky. Dalam hal pendidikan, Duta sempat kuliah jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada angkatan 1997. 

Dalam perjalanan kuliahnya, Duta tidak merampungkan perkuliahannya di UGM tersebut, hal ini disebabkan karena ia memilih fokus di band. Pada 2003, Duta menikah dengan  seorang mantan model. Mantan model tersebut bernama Adelia Lontoh. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai dua anak, Aisha dan Ayman. 

Eross Candra lahir di Yogyakarta, 3 Juli 1979.  Ia sempat dua tahun berpacaran dengan aktris Leony. Eross menikah dengan Sarah Diorita yang keturunan Perancis pada 2009. Pasangan ini telah dikaruniai satu putra bernama El Pitu Candra. 

Adam berasal dari Yogyakarta. Ia lahir tanggal 22 Februari 1979. Adam menikah dengan Umi Arimbi Khallistasani, pada tahun 2005.  Setahun kemudian, mereka dikaruniai seorang putri, ada pun putri dari pasangan tersebut bernama Lovely Az'ahra Sheekeane. Umi Arimbi Khallistasani merupakan peraih penghargaan Putri Berbakat di ajang Putri Indonesia tahun 2003.


Post a Comment for " Biografi Profil Sejarah Band Sheila On 7"