Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerita Pengalaman, Cara Mengganti Kartu im3 Dengan Nomor Yang Sama

Cerita Pengalaman Cara mengganti kartu im3 baru dengan nomor yang sama
Kronologibayu- Apa kabar para peselancar dunia Maya. Kali ini saya akan berbagi tulisan tentang Cerita Pengalaman mengganti kartu im3 dengan nomor yang sama di Galeri Indosat.

Cerita Pengalaman Cara mengganti kartu indosat im3 baru dengan nomor yang sama, prosedur ganti nomor indosat,
Penampakan Kartu im3 Baru milik Saya (Nomor Sama)
 
Saya mengganti kartu im3 lama dengan kartu baru supaya bisa dipakai di smartphone. Maklum kartu im3 yang lama milik saya tidak bisa dipakai sebagai micro-sim. Daripada saya potong takut rusak, mending saya tukar dengan kartu yang baru di Galeri Indosat.

Hingga tulisan ini saya publis, setidaknya Kartu im3 yang saya miliki ini kurang lebih sudah 9 tahun menemani saya. Kenapa saya bisa begitu cinta dengan nomor ini ?.

Pada mulanya saya pakai kartu Im3 hanya ikut-ikutan teman saja. Pada waktu itu mayoritas teman saya banyak yang memakai kartu tersebut. Hal itu mendorong saya untuk memakai kartu yang sama agar mendapatkan benefit dalam berkomunikasi dengan teman. Benefit tersebut berupa tarif murah sesama operator. (Maklum, Namanya anak muda, sukanya samaan dengan teman)

Alasan selanjutnya adalah nomor im3 yang saya miliki ini terasa spesial bagi saya.
Tanya kenapa? Tanpa direkayasa 4 digit terakhir nomer im3 milik saya ini sama persis dengan 4 digit nomor plat motor saya. Hal unik ini membuat nomor im3 saya terasa spesial. Dan saya seakan enggan mengganti nomer ini hingga sekarang.

Baik kita akan masuk pada inti cerita>>

Cara mengganti kartu im3 dengan nomor yang sama di Galeri Indosat sangat mudah.

Dalam kasus yang saya alami ini, hal yang harus disiapkan sebelum datang ke Galeri indosat adalah pastikan anda sudah mengisi prosedur pendaftaran simcard dengan benar dan lengkap sesuai data diri anda .

Karena jika ternyata data identitas diri anda tidak lengkap, maka anda akan disuruh melengkapi pendaftaran. Lalu anda disuruh menunggu 1x24 jam dan setelah itu anda baru bisa mengajukan pembuatan kartu yang baru.

Langkah selanjutnya,. Silahkan anda kunjungi Galeri Indosat terdekat di kota anda. Sesampainya ditempat, silahkan anda ambil nomor antrian. Ingat tidak boleh asal nylonong, budayakan antri.

Setelah itu anda akan berhadapan langsung dengan CS nya. Bila anda seorang Cowok yang berstatus single harap siapkan mental anda.

You know what? Yap benar,. CS nya cantik-cantik bro.. jangan baper  ya.. Btw, Saya ketika itu hampir salah fokus, untung saja saya tidak mudah baper orangnya. .

Next>>

Siapkan KTP dan simcard lama anda, karena anda akan diminta oleh  Customer Service untuk menyerahkan dua benda tersebut . Setelah itu Anda akan disuruh mengisi formulir yang wajib anda isi.

Formulir yang harus anda isi tidak sulit. Anda tidak perlu ikut Bimbel atau bersusah payah mencari bocoran kunci jawaban untuk menghadapi isian formulir ini. Ikuti saja petunjuk dari CS nya.

Diakhir pengisian formulir, anda diwajibkan membubuhkan tanda tangan.
Ingat Tanda Tangan bukan Tanda Lahir !

Setelah rangkaian aktifitas diatas selesai, maka kartu yang baru akan diberikan kepada anda. Biasanya kartu yang baru tidak bisa langsung digunakan. Ketika itu CS mengatakan kepada saya bahwa kartu IM3 saya yang baru, baru bisa digunakan setelah 3x24 jam.

Dan dia juga bilang kepada saya,  
Mohon jangan diaktifkan dulu, nanti saya akan kabari jika kartu anda sudah bisa digunakan

Berhubung mbaknya penyabar, cantik dan suka menabung maka saya pun mengikuti apa intruksinya. Untung saja mbaknya tidak menyuruh saya mencintai diri nya. .(heh Bayu . Apa-apaan ini ?!)

Tak berselang beberapa jam kemudian, kabar baik datang dari CS Galeri Indosat yang tadi saya temui. Dia mengirim pesan kepada saya bahwa kartu im3 baru milik saya, bisa langsung digunakan. Syukurlah kalau begitu, saya tidak jadi menunggu lama.

Apakah mengganti kartu IM3 baru dengan nomor yang sama dikenai biaya?
Anda tidak dikenai biaya dalam aktivitas ini alias Gratis (Free)

Lanjut>>

Saya mengganti kartu IM3 dengan model yang baru dikarenakan saya ingin mengaktifkan BNI mobile banking saya. Kebetulan nomor im3 tersebut adalah nomor yang saya pakai ketika pertama kali mendaftar di bank BNI.

Kartu im3 saya adalah kartu model lama yang tidak support micro-sim. Sehingga saya harus mengganti terlebih dahulu agar proses pendaftaran BNI mobile banking melalui smartphone bisa berjalan lancar.

Saya rasa cara prosedur mengganti kartu im3 dengan nomor sama yang mungkin karena rusak, hilang atau kartu lawas belum support microsim adalah sama prosedurnya. Pada intinya bawa kartu Identitas anda (KTP) ke Galeri Indosat terdekat dan silahkan anda mengisi formulir sesuai dengan petunjuk yang ada.

Layanan aduan konsumen dan Info terbaru mengenai layanan Indosat, silahkan hubungi nomor Customer Service Pusat di (021) 30003000 atau via twitter @IndosatCare

24 comments for "Cerita Pengalaman, Cara Mengganti Kartu im3 Dengan Nomor Yang Sama"

  1. Pengen ganti kartu yg suport micro juga sih... Soalnya kartu saya belum micro jadi gak bisa masuk ke smartphone, tapi saya takut di kena biaya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, dgn Mas atau Mbak? Sepengetahuan saya tdk ada biaya utk penggantian kartu. Atau sebaiknya hubungi CS pusat by call dulu, agar mendapat informasi terkini ttg prosedur penggantian kartu.

      Delete
  2. Barusan (17 sept 2020) istri saya datang ke gerai indosat semarang tepatnya di jalan pandanaran, dg tujuan mau mengganti kartu lama (micro) dengan kartu yg nano krn smartphone istri menggunakan kartu nano.
    Sesampainya digerai kartu bisa diganti dg catatan WAJIB membayar 160k utk mengganti kartu yg baru dan uang tsb dikonversi ke kuota tetapi di nomor yg lain..
    Apakah demikian sekelas INDOSAT mengganti kartu saja DIHARUSKAN membayar 160k?? Beda sama produk sebelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Pak Hasto,

      Apa yang saya tulis adalah berdasar pengalaman saya sekitar awal 2017, seingat saya tidak ada biaya untuk penggantian kartu micro-sim. Penggantian kartu saya lakukan di Gerai Indosat kawasan Jl. Teuku Umar, Denpasar Bali.

      Mengenai layanan aduan dan info lebih lanjut, silahkan hubungi nomor Customer Service Pusat.

      Trmksh

      Delete
    2. kemarin saya ganti Kartu 3G ke 4G. dikarenakan di wilayah saya jaringan 3G sudah ditiadakan. pergantian kartu dari Prabayar menjadi Pascabayar dan itu Wajib saat ini jika ingin mengganti kartu di Gallery Indosat.

      Awalnya saya debat dulu dengan CS indosatnya. karena dulu tahun 2018 saya anter istri juga ganti kartu tapi gak ada paket seperti sekarang hanya ganti kartu saja. dan tidak ada biaya apa2

      maka itu otomatis saya ikuti saja dan saya bayar 160k dimana paket ini berlaku selama 6 bulan, dan setiap bulan harus saya bayar 110k. dengan Kuota setiap Bulan dapat 30 Gb.

      saat ini kartu Paskabayar saya masih belum bisa dipakai Buat Tlp seluler. dan hanya active data saja.

      yang menjadi pertanyaan . kenapa pihak indosat sekarang bisnisnya seperti ini sehingga mau tidak mau harus di ikuti. saya pelanggan indosat sejak tahun 2005 sampai saat ini

      Mungkin ini salah satu keluhan saya pengguna Indosat dan mungkin bisa mewakili para Konsumen indosat yang lain. jangan sampai suatu saat ini para pelanggan setia beralih ke Operator lain.

      Delete
  3. apakah kartu sim yang sudah lama hilang bisa di buat ulang.. waktu itu saya bertugas di daerah pedalaman Poso dan HP saya hilang bersama sim card saya. di Wilayah poso belum tersedia layanan Indosat sehingga saat itu tdk bisa di urus. Apakah kartu yg hilang selama bertahun-tahun masih bisa di buat ulang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Pak Rahmat,

      untuk nomor hilang yg sudah melewati masa tenggang atau hangus sudah tidak bisa di aktifkan lagi. Kedepannya selalu lakukan pengecekan secara berkala di *123# dan lakukan pengisian pulsa agar terjaga masa aktif kartunya.

      Info lebih lanjut silahkan kunjungi Customer Service Pusat via:
      - WA im3ooredoo.com/whatsapp
      - Twitter @IndosatCare.
      - Email cs@indosatooredoo.com

      Atau langsung ke Gerai Indosat terdekat di kota anda.

      Delete
  4. Hallo Vallen,

    Artikel di atas adalah membahas bagaimana mendapatkan kartu fisik im3 baru dgn nomor yg sama. Bisa dibilang artikel di atas ditujukkan kpd pemilik kartu im3 yg sudah terdaftar Nama nya di sistem.

    Apakah kamu ingin mengganti kartu fisik yg baru dgn nomor yg sama?

    atau kamu ingin mendaftarkan nomor im3 baru ?



    ReplyDelete
  5. Saya juga dari satu Minggu yg lalu ,Krn kartu saya hilang jadi datang ke gerai indosar untuk buat kartu baru dengan nomor yang sama dan kata pegawainya kartunya aktif setelah 24 jam tapi ini sudah seminggu dan kartunya belum bisa saya pake ,, :( ,, tidak bisa di pake menelpon ,SMs, bhaskan meski data nya aktif jaringan nya tidak muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mbak/ Mas,

      Saya sarankan untuk kembali lagi menemui Customer Service di gerai indosat terdekat. Apa yg anda alami ini berkaitan dengan masalah teknis sistem / jaringan pada kartu selular.

      Delete
  6. Karna kartu saya hilang jadi saya buat kartu baru dgn nomor yg sama di gerai indosat , trus pegawao nya blng kartu ini baru aktif setelah 24 jam , tp sekarang udh 1 Minggu dan blm aktif , meski datanya diaktifkan jaringannya tidak muncul , sms dan nelpon pun semuanya kode IMM tdk valid .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, Mas / Mbak Siapa ?

      Apakah yang anda maksud adalah kode MMI ?

      Delete
  7. Kak, kalau kartunya hilang bisa gk buat kartu baru tapi masih pakai nomor yg sama? Dan kalau kartu yg hilang tersebut masih mempunyai masa aktif apakah harus di blok dulu baru bisa buat kartu yg baru tapi pakai nomor yg sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Uchi,

      Kartu yang hilang masih bisa diklaim dengan nomor yang sama, dengan syarat selama kartu masih mempunyai masa aktif.

      Tidak perlu diblok, langsung saja kamu menuju ke Customer Service Indosat terdekat agar dibantu untuk pembuatan kartu sim baru dengan nomor yang sama.

      Demikian semoga membantu.

      Delete
  8. Klo seandainya di pinta biaya untuk alih kartu pasca bayar tu gmana ya kk? Soalnya yg sy baca, banyak yg d kenakan biaya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Marsha,

      Mengenai alih kartu pasca bayar saya tidak mengerti mekanismenya dan apakah dikenakan biaya atau tidak.

      Saya sarankan sebelum mengunjungi gerai Indosat terdekat, silahkan tanyakan dulu di CS pusat via:
      - WA im3ooredoo.com/whatsapp
      - Twitter @IndosatCare
      - Email cs@indosatooredoo.com

      Delete
  9. Kak, kalau kartunya hilang trus mau ganti kartu dgn nomor yg sama kan krtunya trsebut hrus dlm keadaan msh aktif. Bagaimana cara kita ngecek kartu itu masih aktif atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas / Mbak.

      Untuk mengecek kartu masih aktif atau tidak tentu diperlukan fisik kartu yang terpasang di HP. Jika kartu hilang maka sulit untuk mengecek status kartu tersebut, namun setidaknya anda bisa tahu kapan masa aktif kartu akan habis dari kapan terakhir kali anda mengecek status kartu tersebut.

      Coba diingat kapan terakhir anda mengecek status kartu dan kapan masa aktif kartu tersebut akan habis.

      Delete
  10. Klo skrng apa bayar ya klo ganti kartu yang rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk info terkini mengenai produk dan kebijakan pelanggan, mohon ditanyakan ke IM3 customer service terdekat di kota anda. Terima kasih

      Delete
  11. Baru2 ini saya kehilangan tas yg isinya HP dan surat2 termasuk KTP. Nah saat saya mengurus SIM card yg baru untuk mengganti SIM card yg hilang. Staf Indosat mengharuskan saya bawa KTP. Sementara saya sdh bawa surat keterangan hilang dr kepolisian. Kartu keluarga. Jg fotocopy KTP yg hilang. Tp saya tetap ditolak mengurus SIM card yg hilang. Mohon Indosat jgn menyulitkan pengguna. Krna mengurus KTP baru jg butuh proses .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, Mas / Mbak. Artikel ini merupakan tulisan pribadi saya.

      Berkaitan komplain atau kritik layanan Indosat, silahkan hubungi nomor Customer Service Pusat di (021) 30003000 atau via twitter @IndosatCare

      Terima Kasih.

      Delete
  12. Assalamu'alaikum kak. Saya kehilangan kartu em3 saya dan saya ingin mengaktifkan nya kembali demgna kartu yg baru tapi dengan no yg sama. Kira kira gimana caranya kak? Mohon di jawab ya kak🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr wb.
      untuk caranya sudah saya tuliskan dalam artikel di atas. Mohon dibaca dan dicermati dgn seksama terlebih dulu.

      Dan satu hal yg perlu diketahui bahwa untuk nomor hilang yg sudah melewati masa tenggang atau hangus sudah tidak bisa diaktifkan lagi.

      Demikian semoga bisa membantu.

      Delete