Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Cara Mengetahui dan Mengatasi Penyebaran Berita Hoax

Cara mengatasi hoax di masyarakat merupakan sesuatu yang sangat penting. Cara mengatasi hoax, cara mengetahui berita hoax

Cara mengatasi hoax di masyarakat merupakan sesuatu yang sangat penting. Hoax adalah informasi yang dipalsukan, melenceng dari fakta kebenaran. Berita bohong yang dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab ini mempunyai tujuan untuk memperkeruh suasana, mengalihkan isu atau tujuan negatif lainnya.

Cara Mengatasi Hoax di Masyarakat

Pada kesempatan kali ini, akan diuraikan beberapa cara mengatasi hoax. Beberapa cara mengatasi hoax dibawah ini akan menjadi efektif apabila kita menjalankannya secara konsisten.  

1. Judul Provokatif

Cara mengatasi hoax pertama adalah dengan melihat ke bagian judulnya. Perlu diingat, ada perbedaan antara judul pada berita yang dibuat untuk memberikan informasi pada pembaca dan berita hoax. Biasanya judul hoax sifatnya provokatif.

Untuk Anda yang masih sedikit bingung, tipe judul provokatif memiliki ciri utama berupa arah yang menyudutkan salah satu pihak dan memenangkan pihak lain. Perlu diketahui, berita semacam ini sebenarnya sangat diminati di Indonesia.

Oleh karena itu, wajar jika judul semacam ini jumlahnya banyak. Sebenarnya isi berita pada judul semacam ini sering bersumber dari situs berita resmi. Hanya saja, cara berita tersebut dibuat seringkali dipelintirkan dari kondisi aslinya.

Saat melihat judul semacam ini, cara mengatasi hoax terbaik yang bisa dilakukan adalah mencari sumber lain. Nantinya Anda bisa melihat sudut pandang berbeda dari judul provokatif tersebut.

2. Alamat Situs

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah hoax adalah dengan melihat alamat situsnya. Perhatikan apakah situs tersebut berasal dari institusi terverifikasi atau tidak. Agar lebih mudah, kenali saja situs tersebut.

Jika situsnya berasal dari nama-nama populer, berita yang diberikan biasanya dapat dipertanggungjawabkan. Namun jika situs tersebut tidak berasal dari nama-nama populer, besar kemungkinan isi di dalamnya kurang bisa dipertanggungjawabkan.

Pernah dilakukan suatu penelitian yang menghitung jumlah portal berita di Indonesia. Ternyata ketika ditotalkan, portal berita tersebut mencapai 43 ribu. Angka ini tentu membuktikan kalau penyebaran berita di Indonesia begitu besar.

Hanya saja, terdapat ketimpangan ketika dibandingkan dengan portal berita yang sudah terverifikasi. Itu karena, jumlahnya tidak sampai 300. Oleh karena itu, portal terverifikasi ini bisa menjadi indikator ketika menjalankan cara mengatasi hoax.

3. Periksa Fakta

Ada perbedaan antara berita yang berisi fakta dan opini. Keduanya tersebar di masyarakat dan ada banyak orang yang tidak bisa membedakannya. Oleh karena itu, ini perlu menjadi perhatian ketika mendapat suatu informasi yang keasliannya belum pasti.

Lihat dulu apakah berita tersebut berisi fakta atau opini. Jika itu ternyata opini, keasliannya belum pasti. Terlebih lagi jika sosok yang menyebarkannya seperti ormas atau tokoh politik. Penyebaran opini semacam ini sangat penting dalam cara mengatasi hoax.

Selain itu, berbicara tentang hoax tidak selalu mengenai hal jauh yang tidak bisa dikejar. Dalam beberapa kesempatan, sering juga berita hoax ini berhubungan langsung dengan Anda. Jika kondisinya seperti itu, jangan ragu untuk memastikan langsung.

Datang saja langsung ke lokasi dimana hoax itu berada. Atau Anda juga bisa menghubungi langsung orang yang memang mengetahui fakta sesungguhnya. Ini jauh lebih tepat dibandingkan menelan mentah-mentah informasi yang didapat.

4. Keaslian Foto

Berita yang berisi hoax tidak selalu berisi informasi berbentuk tulisan. Sering kali informasi di dalamnya juga berbentuk foto. Biasanya, foto tersebut akan membuat orang semakin percaya akan berita hoax yang disebarkan.

Dalam cara mengatasi hoax, penting juga untuk memastikan keaslian foto tersebut. itu karena, sekarang sudah banyak software yang bisa digunakan untuk mengedit foto. Oleh karena itu, kurang tepat jika Anda percaya begitu saja dengan foto di luar sana.

Cara termudah untuk mengecek keaslian foto adalah dengan mencarinya memakai google images. Nantinya akan terlihat apakah foto tersebut memang buatan atau asli.

5. Grup Diskusi

Cara mengatasi hoax terakhir adalah dengan memanfaatkan grup diskusi. Sekarang ada banyak grup diskusi yang memfilter berita hoax di luar sana. Grup diskusi tersebut bisa ditemukan baik di telegram, facebook, maupun media sosial lain.

Nantinya Anda bisa menggunakan grup diskusi tersebut untuk memastikan keaslian suatu berita. Tetapi ingat, jangan asal dalam memilih grup diskusi. Pastikan data yang disebarkan kredibel agar Anda tidak tertipu dengan hoax yang ada pada grup diskusi.

Inti dari melihat berita adalah teliti. Jika Anda tidak teliti, besar kemungkinan berita hoax tersebut akan mencapai dan menipu Anda. Selain itu, jangan lupa juga untuk berlaku konsisten ketika menerapkan cara mengatasi hoax di atas.

Demikian artikel berjudul 5 Tips Cara Mengetahui dan Mengatasi Penyebaran Berita Hoax. Semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "5 Tips Cara Mengetahui dan Mengatasi Penyebaran Berita Hoax"