Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat, Biaya & Alur Cara Memperpanjang SIM C di POLRES Ngawi

Halo para pembaca semua, Kali ini saya akan berbagi tulisan mengenai Pengalaman Memperpanjang SIM C di POLRES. Adapun kantor POLRES yang saya tuju adalah POLRES Ngawi Jawa Timur.

KEPOLISIAN RESOR NGAWI beralamat di Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 10 Ngawi Jawa Timur Indonesia, 63218. Nomor Telp : (0351) 748173. Lihat petunjuk arah pada tautan  PETA POLRES NGAWI

syarat biaya cara perpanjang sim c, pengalaman memperpanjang sim C, Cara memperpanjang sim C, Syarat memperpanjang SIM C, Biaya memperpanjang sim C

Perpanjangan SIM C kali ini merupakan perpanjangan SIM milik Istri saya yang kebetulan di bulan Januari 2023 ini akan habis masa berlakunya. 

Saya akan berbagi kepada anda mengenai apa saja syarat dan urutan memperpanjang SIM C di POLRES. Selengkapnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

Apa itu Surat Ijin Mengemudi (SIM) ?

SIM (Surat Ijin Mengemudi) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan mampu secara trampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Golongan SIM C adalah Surat ijin untuk mengemudikan kendaraan berupa sepeda motor yang dirancang mampu mencapai kecepatan lebih dari 40 km per jam.

Syarat Memperpanjang Sim C di POLRES Ngawi Jawa Timur:

  1. Membawa fotocopy E-KTP.
  2. Membawa SIM Lama dan fotocopy.
  3. Membawa surat keterangan sehat dari dokter yang ditunjuk oleh Polri.
  4. Membawa hasil tes kesehatan rohani (psikologi) dari petugas yang ditunjuk oleh Polri.

Alur Langkah Cara Perpanjang Sim C di POLRES Ngawi Jawa Timur:

1. Melakukan Tes kesehatan.

Tes kesehatan ini berupa cek tekanan darah, cek kesehatan mata, cek tinggi dan berat badan. Adapun tempat pengecekan tes kesehatan dilaksanakan di timur POLRES Ngawi, tepatnya yaitu masuk gang di dekat Indomaret lalu menuju ke arah timur sekitar 50 meter. Adapun biaya tes kesehatan perpanjangan SIM C yaitu sebesar Rp. 25.000. 

2. Melakukan Tes Psikologi.

Tes Psikologi ini berupa tes yang berisi kuisioner mudah mengenai keadaan diri anda. Jadi jangan takut tidak bisa mengerjakan. Pelaksanaan tes psikologi ini bertempat di sebelah tempat pengecekan tes kesehatan. 

Berapa Biaya tes psikologi perpanjangan SIM C? biayanya yaitu Rp.75.000. 

Selengkapnya mengenai biaya Tes Psikologi perpanjangan sim dan pembuatan SIM baru di POLRES Ngawi:

  • Sim A Rp. 75.000
  • Sim B Rp. 75.000
  • Sim C Rp. 75.000
  • Sim A+C Rp.100.000 
  • Sim B+C Rp.100.000

Biaya Tes Psikologi perpanjangan dan sim baru di atas berlaku per-september 2021.

3. Mengisi Blangko Permohonan. 

Pengambilan blangko dan pengisian dilaksanakan di POLRES Ngawi. Silahkan mengantri dan ikuti petunjuk dari petugas.

4. Membayar Biaya Perpanjangan Sim C.

Setelah selesai mengisi blangko permohonan perpanjangan sim C, maka saatnya anda bergegas untuk membayar biaya perpanjangan SIM C sebesar Rp.75.000.

5. Melakukan Antri Foto sesuai urutan. 

Jika anda selesai membayar biaya perpanjangan SIM C, maka silahkan anda untuk mengantri pengambilan Foto.

6. Menunggu Hasil Sim C. 

Langkah terakhir yaitu silahkan menunggu pengambilan kartu SIM C yang telah diperpanjang.

Adapun estimasi waktu perpanjangan Sim C sebagai berikut, Istri saya berangkat jam 7.00 wib dari rumah, kemudian sampai di Polres Ngawi jam 7.30 wib dan langsung melakukan tes kesehatan. Setelah itu melakukan tes psikologi jam 8.00 wib.

Serangkaian urutan perpanjangan SIM C selesai pada pukul 9.00 wib. Pada saat itu juga istri saya langsung menerima kartu SIM C yang baru. 

Istri saya datang ke POLRES pada hari jum'at. Kondisi antrian saat itu tidak terlalu sibuk, sehingga proses perpanjangan SIM C dapat dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Ingat! Jangan sampai telat memperpanjang sim C anda. Jika telat, maka anda tidak bisa memperpanjang sim dan diwajibkan untuk membuat sim C baru.

Demikian artikel berjudul Syarat, Biaya dan Cara Memperpanjang SIM C di POLRES. Semoga bermanfaat dan mampu menjadi panduan bagi anda yang masih bingung mengenai prosedur bagaimana proses perpanjangan SIM C. 

Syarat dan biaya perpanjangan SIM di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai peraturan Kepolisian yang ada.

Post a Comment for "Syarat, Biaya & Alur Cara Memperpanjang SIM C di POLRES Ngawi"