Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review: Pengalaman Membeli Android Smart TV TCL 43 Inch 4K UHD

Kronologibayu - Pada kesempatan ini Saya akan me-review mengenai Pengalaman beli Android Smart TV TCL 43 Inch - 4K UHD. Setelah 1 tahun lebih tidak ada TV di rumah, akhirnya pada bulan Februari ini ada TV baru di rumah saya. Maklum baru ada rejeki di tahun ini untuk membeli TV baru, hehe.

Pengalaman membeli Android Smart TV TCL 43 Inch - 4K UHD, Android Smart TV TCL 43 Inch Seri 43P8M. Berapa Harga TV TCL 43" Seri 43P8M ?

Review Android Smart TV TCL 43 Inch Seri 43P8M

Televisi yang akan saya ulas kali ini adalah Android TV TCL 43 Inch Seri 43P8M. TV TCL ini merupakan televisi buatan TCL Coorporation yang bermarkas di negara Cina. TCL merupakan perusahaan yang memproduksi pembuatan TV, telepon seluler, kulkas, mesin cuci, AC, smart peralatan kesehatan dan panel LCD.

Banyak pilihan saluran tayangan yang ditawarkan Android TV TCL ini. Selain saluran tayangan TV lokal, kita juga bisa menonton tayangan dari saluran Netflix, Youtube, Google Film dan masih banyak lagi. Tentunya tayangan tersebut berbasis sambungan internet.

Berhubung TV ini berbasis Android maka anda dapat menginstal berbagai aplikasi yang ada di Google Play Store. Anda dapat mengunduh aplikasi Game untuk dapat dimainkan di TV ini. Kemudian jika anda ingin browsing sebuah artikel, anda dapat menampilkannya di TV ini dengan hanya menginstal aplikasi browser yang tersedia. TV TCL 43"P8M ini dibekali memori internal sebesar 11 GB dan RAM 2 GB.


Fitur Screen Mirroring

Teknologi Mirroring memiliki fungsi yaitu memungkinkan kita menampilkan atau memindahkan apa yang terlihat pada layar Smartphone ke TV tanpa menggunakan kabel. Untuk urusan mirroring pada Android TV TCL 43 inch Seri 43P8M terdapat Chromecast Built-In yang memungkinkan anda menampilkan Video, Games, atau aplikasi yang ada di mobile device anda. 

Aplikasi selanjutnya yaitu T- CAST . Jujur, untuk penggunaan aplikasi ini saya masih merasa kesulitan. Akhirnya saya menemukan solusi yang sederhana yaitu menggunakan aplikasi Wireless Display Finder

Melalui apps tersebut saya dapat menampilkan tampilan layar HP saya serta mampu menampilkan file di HP saya baik video, games, musik dan juga file Foto ke televisi secara mudah. Silahkan download Wireless Display Finder di sini Download.

Apa itu Pengertian 4K UHD ?

4K UHD artinya 4K Ultra High Definition.  Jumlah pixel televisi 4K UHD yaitu 4 x jumlah pixsel  TV Full HD. Jika TV Full HD memiliki 2juta Pixels (1920x1080 pixels) , maka Televisi TCL 4K UHD mereproduksi dengan detail semua nuansa cahaya, warna-warna alami melalui resolusi layar 8 juta Pixels (3.840 x 2.160 Pixel). 

Dapat diambil kesimpulan bahwa televisi yang bertekhnologi 4K UHD menawarkan gambar yang lebih jernih dan tajam. 

Semakin banyak pixel yang ada dalam sebuah televisi, maka televisi tersebut mampu menampilkan gambar dengan tajam, detail dan dengan warna yang lebih kaya.

Berapa Harga TV TCL 43 Inci Seri 43P8M ?

Saya membeli TV ini dengan harga Rp. 4.150.000 di salah satu toko di kota Solo. Sebenarnya di Toko Online ada TV yang sama dengan harga yang sedikit lebih murah daripada harga di atas. Meskipun di Online Shop ada harga yang lebih murah tapi saya tetap membeli di Toko secara Offline. 

Alasan mengapa saya memilih toko offline yaitu keamanan barang dan barang bisa langsung saya bawa pulang.

Ini dia beberapa penampakan Android TV TCL 43P8M yang telah saya himpun.


Pengalaman membeli Android Smart TV TCL 43 Inch - 4K UHD, Android Smart TV TCL 43 Inch Seri 43P8M. Berapa Harga TV TCL 43" Seri 43P8M ?
* TV TCL masih berada dalam kardus.


Pengalaman membeli Android Smart TV TCL 43 Inch - 4K UHD, Android Smart TV TCL 43 Inch Seri 43P8M. Berapa Harga TV TCL 43" Seri 43P8M ?
*Beberapa kelengkapan TV TCL. Ada dua Remote. Remote Kecil untuk mejalankan Aplikasi dan menjalankan fungsi Google Voice. Sedangkan Remote yang besar untuk menjalankan fungsi TV secara umum. Selain itu ada kabel Power, Kabel AV, Buku Garansi, Buku Panduan dan dua pasang baterai.


Pengalaman membeli Android Smart TV TCL 43 Inch - 4K UHD, Android Smart TV TCL 43 Inch Seri 43P8M. Berapa Harga TV TCL 43" Seri 43P8M ?
*Kaki-kaki penopang TV.


Pengalaman membeli Android Smart TV TCL 43 Inch - 4K UHD, Android Smart TV TCL 43 Inch Seri 43P8M. Berapa Harga TV TCL 43" Seri 43P8M ?
*Penampakan TV yang telah selesai dipasang kaki-kakinya.

Pengalaman membeli Android Smart TV TCL 43 Inch - 4K UHD, Android Smart TV TCL 43 Inch Seri 43P8M. Berapa Harga TV TCL 43" Seri 43P8M ?


TCL telah menjadi salah satu produsen TV Top 3 Global pada tahun 2016 di seluruh dunia. Produksinya mencapai angka 20.200.000 dan tersebar diberbagai belahan dunia. Produk TV TCL juga terkenal di kalangan konsumen Amerika. Jadi Produk TV TCL ini merupakan produk TV yang bisa diperhitungkan kualitasnya dan bisa menjadi pilihan alternatif .

Demikian tulisan saya mengenai Pengalaman Membeli Android Smart TV TCL 43 Inch - 4K UHD. Semoga bermanfaat .

-Sekian-

10 comments for "Review: Pengalaman Membeli Android Smart TV TCL 43 Inch 4K UHD "

  1. Bang kalo stiker di layar kanan atas di copot apa berpengaruh dengan garansi layar 5 tahun??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, Dengan Mas atau Mbak ?

      Apakah stiker yang anda maksud seperti foto ke-4, yaitu stiker yang menempel disisi kiri atas itu?

      Sebaiknya cermati beberapa ketentuan garansi yang diberikan pihak TCL.
      Adapun ketentuan garansi yang tertera pada kartu garansi yaitu:

      - Garansi Panel 3 Tahun.
      - Masa berlaku garansi dihitung sejak tanggal pembelian.
      - Kartu garansi diisi data diri dengan benar sesuai kuitansi pembelian dan dibubuhi cap/stempel dari penjual.
      -Potongan data pembeli dikirim selambat-lambatnya 10 hari sejak tanggal pembelian.

      Untuk pengajuan/klaim garansi biasanya bawa data diri, Kartu garansi dan kuitansi bukti pembelian.

      untuk syarat dan ketentuan garansi selengkapnya, silahkan baca pada kartu garansi yang anda dapatkan.

      Terima Kasih

      Delete
  2. Bang tv tcl nya sampai sekarang ada keluha gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih aman, tdk ada keluhan.

      Tapi perlu diingat, agar barang atau produk elektronik bisa tetap awet maka gunakan secara bijak.

      Delete
    2. saran sy jangan beli tv TCL. . bnyk masalah pusing. sy beli yg 65 inch onkyo dengan harga peremium. keluahan awal. suara ketinggalan sama gambar. dan yang sekarang ini coba semua yang pakai tcl buka googleplay dan dowload "YOUKU" aplikasi sepeti iqiyi dan wetv pasti tidak bisa. karena alasan banyak. . pokoknya cape hati

      Delete
    3. Halo Han, terkait keluhan suara, coba anda lihat pada saluran TV untuk memastikan apakah masalah terjadi di semua saluran atau hanya dalam satu saluran saja. Jika audio dan video tidak sinkron pada saluran tertentu, maka masalahnya bisa jadi ada pada pihak penyedia layanan saluran TV dan bukan konfigurasi Anda.

      Aplikasi Youku, IQIYI dan WeTV adalah aplikasi streaming video, film dan bahkan acara TV. Dalam aplikasi tersebut ada tayangan free dan berbayar. Perlu untuk mendaftarkan diri (sign up) untuk mengakses aplikasi tersebut. Pastikan anda terhubung dengan jaringan internet yang stabil untuk dapat menikmati aplikasi-aplikasi streaming video tersebut.

      Delete
  3. Mas saya baru bgt mau beli smart tv, sebelumnya tv tabung. Apakah untuk mengakses ytb hanya perlu di sambungkan ke wifi di rumah kita (misal indiehome 20mbps) lalu jika ingin menggunakan soundbar apakah ada bluetoothnya dr tv nya? Dan apakah perlu menggunakan antena tambahan? Terimakasib

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mbak Yuni.

      Untuk mengakses Youtube hanya butuh sambungan internet saja.
      Untuk pemasangan soundbar di Smart tv bisa via bluetooth atau kabel.
      Perlu menggunakan antena tambahan untuk menangkap siaran analog dan digital terestrial.

      Saran saya jika mau membeli TV sebaiknya lebih memilih membeli secara offline daripada online. Hal ini dilakukan atas pertimbangan keamanan barang. Namun jika anda ingin beli secara online boleh saja krn itu hak anda, dan tentunya harus disertai pertimbangan yg matang.

      Untuk informasi lebih lanjut mengenai Smart TV, selanjutnya anda bisa tanyakan ke salesman di toko elektronik yang anda tuju, karena kemajuan teknologi Smart TV semakin pesat dan canggih.

      Demikian semoga membantu.

      Delete
  4. Bang saya mau beli android tv, tp saya sangsi sama merk2 cina kaya tcl,changhong,coocaa,saya lbih yakin sama sharp LG dll tp selisih harganya bisa beda sampe 1jt, jd saya galau mau beli yg mana dgn buget terbatas,fitur2 tv cina bagus2 harga terjangkau tp saya takutnya ga awet kedepannya.. mohon sarannya,trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas / Mbak, Jika mas / mbak galau mau beli yang mana, sebaiknya datang ke toko elektronik terpercaya di kota anda, nanti disana bisa anda konsultasikan kepada salesman untuk mendapatkan TV terbaik sesuai budget anda.

      Atau opsi selanjutnya, jika mau bersabar anda bisa menyimpan budget anda dan mencarikan dana tambahan agar TV yang anda sukai bisa dapat dibeli.

      Mohon diperhatikan juga bahwa untuk membeli barang sebaiknya kembali kepada kata hati, keyakinan atau preferensi diri kita masing-masing. Kalau tidak yakin membeli merek A, sebaiknya beli merek lainnya yang tentunya lebih bagus kualitasnya.

      Jangan sampai membeli barang yang tidak kita yakini untuk kita beli, takutnya nanti kita kecewa pada akhirnya.

      Demikian semoga membantu.

      Delete