Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Cara Aman Berbelanja Online di Shopee

Suka belanja online di Shopee, Anda harus tahu tips cara aman berbelanja di Shopee agar tetap aman dan mendapatkan produk yang sesuai. Sebab penjual nakal tetap saja ada meskipun pihak marketplace sudah berusaha menyingkirkannya.

Berbelanja memang kegiatan menyenangkan, apalagi daring, sebab tidak perlu susah-susah keluar rumah. Namun, seringkali sebagai pembeli merasa kecewa karena ternyata produk yang datang tidak sesuai atau malah tidak datang sama sekali sebab ditipu penjual.

Sekarang sudah tidak zaman lagi kena tipu online shop, sebab sudah ada aplikasi marketplace yang membantu mengamankan transaksi Anda. Hanya saja, masih banyak pengguna tidak bisa menggunakannya secara maksimal sehingga masih saja tertipu.

Apakah Anda salah satu yang pernah atau sering mengalami penipuan saat belanja online, bahkan di Shopee salah satu marketplace terbaik Indonesia? Jika iya, maka beberapa tips yang akan saya bagikan dalam artikel ini akan sangat bermanfaat.


Berbelanja online saat ini sangatlah mudah, lebih-lebih berkat keberadaan berbagai aplikasi marketplace misalnya Shopee. Sehingga, tak heran bila berbelanja online menjadi tren yang sangat disukai masyarakat, terutama dalam masa pandemi vitus Corona. Berbelanja via internet adalah solusi pilihan paling pas namun tetap harus memperhatikan faktor keamanan. Pelajari tips aman belanja di Shopee berikut ini.

7 Tips Cara Aman Berbelanja di Shopee

Belanja daring memang paling mudah dan lebih murah karena sering ada promo diskon maupun cashback. Apalagi jika sudah event khusus seperti event bulanan di tanggal cantik, pastinya promonya makin gila-gilaan.

Banyak pembeli yang memanfaatkan promo ini untuk mendapatkan barang diincar dan berhasil mendapatkan barang murah. Namun, tidak sedikit juga tertipu dan malah harus menerima kerugian.

Hal ini memang tidak terhindarkan karena memang masih ada saja penipu yang berkedok penjual di Shoppe dengan tujuan mengambil keuntungan pribadi. Oleh sebab itu, saat belanja harus memerhatikan hal-hal berikut ini:

1. Pastikan Tidak Bertransaksi di Luar Platform

Tips cara aman berbelanja di Shopee yang pertama adalah pastikan untuk tidak melakukan transaksi di luar aplikasi. Sangat sering penipuan terjadi karena pembeli mau melakukan transaksi di luar dari aplikasi. 

Sebab jika sudah di luar aplikasi, maka Shoppe tidak lagi memberikan proteksi pembeli dari pelapak. Apabila terjadi pengiriman barang yang salah, tidak sampai, atau masalah lainnya, tidak akan ada pertanggungjawaban dari marketplace.

Jadi, pastikan selalu bertransaksi di dalam aplikasi, apabila penjual mengajak Anda bertransaksi lewat cara lain sebaiknya abaikan atau laporkan ke admin sehingga dapat ditindaklanjuti.

2. Ganti Password Akun Juga Pin Shopeepay

Selanjutnya adalah tips cara aman berbelanja di Shopee kedua yaitu memastikan akun Anda selalu terlindungi dengan mengganti password secara berkala. Hal ini dapat dilakukan sebulan sekali atau 3 bulan sekali.

Penggantian password merupakan salah satu cara menghindarkan diri dari peretasan dan membuat akun selalu terlindungi. Selain itu, pastikan juga tidak membagikan password kepada orang lain.

Jika Anda juga menggunakan dompet digital Shopeepay, maka harus senantiasa menggantinya juga agar tidak dapat diretas pihak tidak bertanggung jawab. Tambahan lagi untuk tidak membagikan OTP kepada orang lain.

3. Amankan Data Pribadi

Tips berikutnya adalah Anda harus mengamankan data yang dimiliki dan tidak membagikannya kepada orang lain. Pastikan hanya menggunakan aplikasi pada perangkat milik pribadi.

Apabila harus menggunakan perangkat orang lain, maka harus ingat untuk tidak menyimpan password dan email di perangkat tersebut. Juga harus segera logout setelah penggunaan selesai.

Apabila Anda mampu menjaga kerahasiaan informasi akun sendiri, maka para peretas juga tidak akan mudah menjebolnya. Jadi, kuncinya adalah proteksi diri sendiri dahulu sebagai tindak pencegahan.

4. Cek Review dan Reputasi Penjual

Tips cara aman berbelanja di Shopee berikutnya adalah memastikan bahwa penjual yang dipilih memiliki kredibilitas baik dan amanah. Anda dapat melihat ini dari jumlah bintang yang dimilikinya.

Satu produk bisa saja dipasarkan oleh beberapa seller dengan penawaran beragam. Apabila harga dan kualitas sama, sebaiknya Anda ambil seller yang reputasinya lebih baik sehingga aman saat bertransaksi.

Jika hendak membeli sebuah produk juga harus cek review dan lihat foto-foto dari pembeli terdahulu serta testimoninya. Sekarang Shopee juga menerapkan review dengan video sehingga makin memudahkan untuk mengecek keaslian barang.

5. Gunakan Cara Transaksi Termudah

Belanja daring jangan dibuat ribet, karena pada intinya Anda menginginkan kemudahan sehingga memilih cara belanja ini. Jadi, saat pilih opsi pembayaran juga harus pilih paling mudan dan cepat.

Saat ini, Shopee menawarkan beberapa metode pembayaran, misalnya menggunakan Shopeepay, transfer bank, kartu kredit, atau pembayaran di Alfamart dan Indomaret. Anda harus pilih opsi yang paling memudahkan sehingga bisa melunasi dengan cepat.

6. Bijak Menggunakan Shopeepay Later

Tips cara aman berbelanja di Shopee yang memastikan Anda tidak harus terkena denda adalah bijak dalam menggunakan Shopeepay Later. Ini adalah metode pembayaran yang baru di Shopee.

Pembeli dapat membeli barang incaran tanpa keluar uang dulu karena pihak Shopee memberikan dana talangan dari Shopeepay later. Namun, dana talangan ini tetap harus dibayar saat periode jatuh tempo.

Di satu sisi cara ini memang memudahkan pembeli, tapi di sisi lain membuat Anda menjadi konsumtif. Jadi, ketika menggunakannya perhatikan limit kredit yang diberikan dan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Sebab jika melewati batas kredit dan batas waktu pembayaran Anda harus membayar denda atau penalti. Jumlahnya bisa sangat besar, karena denda ditetapkan dan dihitung harian.

7. Curigai Harga Yang Tidak Wajar

Harga murah memang menggiurkan, tapi Anda harus waspada, terutama jika diberikan di luar masa promo atau event dari Shopee. Misalnya saja toko menawarkan harga Rp500 ribu untuk Iphone 12, harga ini sangat tidak wajar.

Maka, Anda harus waspada, jangan langsung beli melihat harga murah. Sebab bisa jadi itu adalah pancingan dari penipu. Barang yang datang bisa saja bukan seperti pada gambar sehingga menjadikan permasalahan di masa mendatang.

Selain itu, selalu ingat untuk tidak mengklik tautan apabila mengalamatkan di luar aplikasi Shopee. Sebab apabila terjadi hal tidak diinginkan pihak marketplace tidak akan memberikan kompensasi.

Belanja online mudah, tapi Anda harus selalu bijak. Bukan hanya ketika membeli dan mengecek seller, tapi juga mengamankan akun dengan tips cara aman berbelanja di Shopee yang sudah kami berikan.

Nah, beberapa tips di atas adalah cara yang sering saya terapkan ketika berbelanja di marketplace shopee. Salah satunya pernah saya terapkan ketika membeli custom case hp online di shopee. Demikian tips cara aman berbelanja di Shopee yang harus dilakukan pembeli agar terhindar dari berbagai kasus penipuan.

Sekian. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for " 7 Tips Cara Aman Berbelanja Online di Shopee"