Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Karakter Tokoh Utama Kartun SpongeBob dan Sifatnya

6 karakter tokoh utama kartun SpongeBob dan sifatnya menjadi salah satu daya tarik SpongeBob SquarePants. Siapa yang tidak mengenal kartun lucu satu ini? Bukan hanya anak-anak, bahkan orang dewasa juga menyukainya. 

Kehidupan spons kotak berwarna kuning bersama makhluk bawah laut di Bikini Bottom memang menyajikan cerita-cerita menarik. Kisah persahabatan antara SpongeBob dengan Patrick si bintang laut merah muda selalu mengundang tawa. 

Selain itu, tokoh-tokoh utama lainnya seperti Tuan Krab, Squidward, Sandy, hingga Plankton juga tidak kalah menarik untuk diikuti. Karena kartun ini bukan hanya memberikan hiburan akan tetapi juga mengandung pesan bermakna.


6 karakter tokoh utama kartun SpongeBob dan sifatnya, Sifat karakter tokoh kartun spongebob, watak sifat karakter spongebob

6 Karakter Tokoh Utama Kartun Spongebob dan Sifatnya

Di balik cerita yang menghibur, ada karakter-karakter unik dari setiap tokoh dalam kartun tersebut. Kali ini saya akan mengulas bagaimana sifat atau karakter dari para tokoh utama kartun SpongeBob. 

1. SpongeBob yang Mencintai Pekerjaan

Ketika membahas SpongeBob SquarePants, tentunya tidak jauh tentang pembicaraan SpongeBob. Makhluk spons berwarna kuning dengan celana kotaknya ini adalah seorang pekerja keras. Sebagai juru masak di Krusty Krab, SpongeBob sangat mencintai pekerjaannya.

Setiap pagi ia selalu bersemangat untuk datang ke tempat kerja dan mengerjakan tugasnya dengan sepenuh hati. Sifat ini patut dicontoh, dengan mencintai apa yang dilakukan, Anda akan mendapatkan hasil terbaik juga memuaskan.

Di samping itu, SpongeBob terkenal memiliki pribadi ceria dan seorang sahabat yang tulus. Persahabatannya dengan Patrick menunjukkan hubungan pertemanan yang tulus dan setia kawan dalam kondisi apapun. 

2. Patrick, Jujur Apa Adanya

Patrick adalah satu dari 6 karakter tokoh utama di kartun SpongeBob dan sifatnya terkenal apa adanya. Meskipun seringkali bertindak konyol dan sering dianggap bodoh, namun bintang laut merah muda ini sangat baik hati.

Sahabat SpongeBob ini terkadang memang melakukan hal-hal bodoh dan bersikap sesuka hati. Akan tetapi Patrick selalu bersikap apa adanya di depan semua orang dan menjadi dirinya sendiri. 

Selain itu, Patrick juga memiliki karakter jujur. Tidak jarang Patrick melontarkan pertanyaan-pertanyaan aneh dan terdengar tidak masuk akal. Sikap ini menunjukkan bahwa ia berani bertanya ketika benar-benar ingin mengetahui sesuatu. 

Dengan demikian, Patrick dapat dikatakan sebagai seorang yang kritis serta tidak malu bertanya. Dalam kesehariannya, ia juga dikenal sebagai pribadi sederhana. Dari karakteristiknya, Anda bisa mengambil sifat-sifat baik Patrick.

Anda patut meniru sikap menjadi diri sendiri dan selalu berkata jujur. Menjadi pribadi sederhana dalam keseharian juga baik. Dengan menjadi sederhana, Anda tetap bisa bersyukur atas apapun yang dimiliki. 

3. Squidward Si Penikmat Seni

Squidward adalah salah satu dari 6 karakter tokoh utama kartun SpongeBob dan sifatnya memang ada yang perlu Anda hindari. Sebagai kasir di Krusty Krab, Squidward terkenal tidak ramah dalam melayani pelanggan. 

Ia juga sering malas-malasan saat bekerja. Squidward sangat tidak suka jika hari-harinya diganggu oleh Patrick maupun SpongeBob serta selalu menganggap persahabatan mereka bodoh. Namun tidak semua karakternya buruk.

Di Bikini Bottom, Squidward terkenal sebagai sosok yang pintar dan cerdas meskipun banyak mengomel atau menggerutu. Selain cerdas, gurita ini ternyata memiliki selera tinggi terhadap seni.

Hunian berbentuk moai yang ditinggalinya ia rancang sedemikian rupa dengan memperhatikan aspek seni. Ia memiliki hobi memainkan klarinet serta berambisi besar untuk menjadi pemain klarinet terkenal. 

Dalam pertunjukan-pertunjukan musik yang dihadirinya, Squidward selalu memberikan apresiasi tinggi kepada penampil. Sikap apresiatif ini patut ditiru sebagai bentuk penghargaan atas karya atau prestasi orang lain. 

Dalam kesehariannya, Squidward adalah pribadi cuek dan terkesan masa bodoh terhadap lingkungan. Meskipun terkesan tidak peduli, namun terkadang Anda perlu menjadi cuek terhadap omongan miring orang sekitar.

4. Plankton Si Pencuri Resep

Jika berbicara 6 karakter tokoh utama kartun SpongeBob dan sifatnya, Anda tidak boleh melewatkan Plankton. Makhluk mungil bermata satu ini adalah pemilik Chum Bucket, restoran yang ingin menyaingi Krusty Krab. 

Meskipun menjadi tokoh villain karena hendak mencuri resep rahasia krabby patty, namun Plankton juga memiliki karakter positif. Ia selalu berusaha serta tidak menyerah mendapatkan apa yang diinginkannya. 

Sebagai kompetitor, Plankton punya seribu satu cara untuk mencuri resep krabby patty. Meskipun itu bukanlah perbuatan baik, namun kreativitasnya dalam berinovasi layak jadi motivasi. Tentunya inovasi tersebut harus diaplikasikan pada ide-ide positif. 

Plankton juga adalah pebisnis yang tidak ragu untuk mengambil risiko. Inovasinya menciptakan resep-resep baru membuktikan ia berani ambil langkah agar bisnisnya terus maju. Sikap berani mengambil risiko sangat diperlukan oleh seorang pebisnis.

5. Sandy Si Tupai Tangguh

Satu dari 6 karakter tokoh utama kartun SpongeBob dan sifatnya yang unik adalah Sandy Cheeks. Tupai yang mengenakan helm ini adalah seorang jenius dan senang melakukan eksperimen layaknya seorang ilmuwan. 

Sebagai wanita, Sandy memiliki karakter tangguh juga kuat. Terbukti dari kemampuannya mempertahankan diri di bawah laut Bikini Bottom meskipun ia hewan darat. Sandy juga terkenal sebagai tupai yang baik hati dan setia kawan.

6. Tuan Krab Si Bos Pelit

Siapa tidak kenal dengan kepiting mata duitan pemilik restoran Krusty Krab satu ini. Tokoh kepiting ini memang terkenal mencintai uang, pelit, serakah. Sebagai bos, ia memperlakukan karyawannya dengan kurang baik. 

Pekerjaannya sebagai pengusaha restoran terkenal di Bikini Bottom menjadikannya kaya raya. Namun sebagai pengusaha ia tidak memanfaatkan peluang bisnis secara maksimal tetapi hanya berorientasi pada uang dan uang.


Keenam tokoh yang telah saya jelaskan di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tayangan SpongeBob SquarePants pada dasarnya memberikan hiburan. 

6 karakter tokoh utama kartun SpongeBob dan sifatnya memiliki keunikan masing-masing. Dari sifat mereka, Anda bisa mencontoh karakter positifnya saja. Demikian artikel berjudul 6 Karakter Tokoh Utama Kartun SpongeBob dan Sifatnya. Semoga bermanfaat.

-Sekian-

Post a Comment for "6 Karakter Tokoh Utama Kartun SpongeBob dan Sifatnya"