Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Alasan Mengapa Orang Memilih Ingin Menjadi PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL)

Ada banyak alasan kenapa orang memilih ingin menjadi PNS, salah satunya karena adanya kepastian masa depan. Hal inilah yang membuat banyak orang mendaftarkan diri saat pendaftaran dibuka. Bahkan sebelum pendaftaran dibuka banyak dari mereka yang rela mengikuti pelatihan-pelatihan menghadapi tes CPNS. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal ketika mengikuti tes seleksi PNS.

Mungkin bagi orang yang tidak berminat sangat membingungkan melihat tingginya orang yang ingin menjadi pegawai pemerintahan ini, padahal memiliki pekerjaan tersebut tidak serta merta membuat hidup sejahtera. Bahkan penghasilan pegawai pemerintah bisa dikalahkan oleh karyawan swasta di beberapa perusahaan besar, terutama perusahaan internasional. Jadi, mengapa begitu banyak orang memiliki impian menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) ?

Tentu saja, hal ini bukan tanpa alasan, karena menjadi pegawai pemerintah memang menjanjikan kesejahteraan. Selain itu, ada banyak alasan lain yang membuat orang tertarik dan kali ini saya akan membahasnya.

alasan menjadi pns, jawaban kenapa ingin menjadi pns,  latar belakang ingin menjadi pns,  anda ingin menjadi asn karena brainly

7 Alasan Mengapa Orang Ingin Menjadi PNS

Menjadi Pegawai Negeri Sipil memang merupakan jaminan masa depan. Kira-kira seperti itulah yang ada dalam pikiran orang-orang, apalagi ada jaminan pekerjaan hingga masa tua sehingga tidak akan mengalami hidup susah. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 7 alasan mengapa PNS menjadi pekerjaan yang sangat diincar:

1. Adanya Kepastian Gaji Setiap Bulan

Alasan mengapa orang ingin menjadi PNS yang pertama adalah adanya kepastian mendapatkan gaji setiap bulan. Gaji akan dikirimkan ke rekening setiap tanggal 1 dan bisa ditarik sesuai kebutuhan pemiliknya.

Gaji diberikan tepat waktu melalui Bank Daerah sehingga tidak repot mengantre saat pengambilan gaji ini. Jadi, dapat dipastikan ASN akan selalu mendapatkan gajinya setiap bulan, kecuali mendapatkan rapor merah.

Bekerja di perusahaan swasta belum tentu bisa mendapatkan gaji rutin setiap bulan, saat di perusahaan terjadi masalah bisa saja gaji tertunda. Bahkan keadaan ini bisa berlangsung beberapa bulan hingga keadaan keuangan perusahaan pulih.

2. Ada Kenaikan Gaji Setiap Tahun

Alasan kenapa orang ingin menjadi PNS berikutnya adalah mendapatkan kepastian kenaikan gaji setiap tahunnya. Setiap kali RAPBN dibuat akan dimasukkan kebutuhan belanja pegawai, termasuk kenaikan gaji.

Jadi, walaupun inflasi terjadi setiap tahun, para PNS atau ASN (aparatur sipil negara) tidak perlu merasa khawatir karena ada kemungkinan mendapatkan kenaikan gaji. Kenaikan gaji ini tidak memerlukan kenaikan pangkat.

3. Ada Gaji ke-13

Meskipun menjadi ASN tidak mendapatkan bonus bulanan seperti karyawan swasta, atau mendapatkan uang lembut, tapi setiap tahunnya akan mendapatkan kesempatan mendapatkan gaji ke-13.

Misalnya, ASN mendapatkan penghasilan sebesar Rp3 juta per bulan, maka besarnya gaji ke-13 sama dengan jumlah uang tersebut. Tentu saja, ini menjadi magnet tersendiri bagi para pencari kerja.

Selain itu, juga diberikan tunjangan hari raya sekali setiap tahun sehingga kehidupan ASN dan keluarga bisa sangat berkecukupan, asalkan pengeluaran sesuai dengan pemasukan, karena saat ini gaji PNS bisa dikatakan cukup besar.

4. Ada Tunjangan Anak, Istri, juga Beras

Alasan kenapa orang ingin menjadi PNS berikutnya adalah mendapatkan tunjangan cukup besar untuk istri dan anak. Banyaknya anak yang mendapat tunjangan adalah 3 anak.

Selain itu, ada juga tambahan tunjangan beras yang diberikan setiap bulan, bisa berupa uang maupun beras. Tambahan lagi ASN juga akan mendapatkan tunjangan remunerasi, tapi ini hanya berlaku di sebagian kementerian dan lembaga saja.

Bukan hanya tunjangan beras, tapi berbagai tunjangan lain juga disediakan seperti tunjangan profesi, tunjangan transportasi, juga beberapa jenis tunjangan lain tergantung instansi juga jabatan.

5. Mendapat Uang Makan

Bagi yang belum tahu, ternyata ASN juga mendapatkan uang makan setiap harinya, termasuk saat melakukan pekerjaan dinas. Uang makan juga disesuaikan dengan daerah masing-masing dan akan diberikan sebulan sekali.

Uang makan ini dihitung sesuai hari kerja, karena hari kerja ASN hanya 5 hari dalam seminggu, maka besar uang makan harian dikalikan 5. Jadi, bisa saja uang makan bulan ini berbeda dengan bulan berikutnya.

Pembagian uang makan biasanya diberikan bendahara bukan melalui transfer bank seperti gaji. Di beberapa daerah tunjangan uang makan disesuaikan sehingga bisa saja satu provinsi berbeda dengan provinsi lainnya.

6. Adanya Asuransi Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting, sebab apabila sakit maka akan memakan biaya pengobatan. Besarnya biaya pengobatan akan tergantung dari penyakit yang diderita pasien, bisa kecil maupun besar.

Menjadi seorang ASN akan memberikan Anda asuransi kesehatan sehingga ini menjadi salah satu alasan kenapa orang ingin menjadi PNS. Bukan hanya jaminan kesehatan untuk diri sendiri, tapi juga keluarga yaitu istri dan 3 anak.

7. Mendapat Uang Pensiun

Bisa hidup nyaman dan berkecukupan di hari tua merupakan keinginan semua orang. Dengan menjadi ASN, Anda dapat mewujudkan hal tersebut, karena adanya uang pensiun diberikan kepada semua ASN.

Uang pensiun akan diberikan setiap bulan setelah ASN memasuki masa pensiun, tapi ASN bisa mencairkan sebagian terlebih dahulu kemudian sisanya diambil setiap bulan. Maksimal pengambilan dana pensiun adalah 70% dari keseluruhan dana tersebut.

Pengambilan dana pensiun dapat dilakukan melalui lembaga keuangan yang sudah ditunjuk oleh pemerintah. Bahkan setelah ASN meninggal, istrinya masih bisa mendapatkan tunjangan pensiun ini untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Bukan itu saja, menjadi pegawai pemerintah juga memungkinkan Anda mengikuti berbagai pelatihan profesi dengan gratis. Selain itu, juga bisa mengikuti berbagai perjalanan dinas sehingga bisa mengunjungi berbagai tempat di Indonesia bahkan luar negeri.

Apabila Anda ingin melanjutkan pendidikan juga ada jalur beasiswa yang dibiayai negara secara penuh untuk pendidikan di dalam dan luar negeri. Tambahan lagi juga ada jenjang karier. 

Melihat banyaknya keuntungan dan peluang terbuka setelah menjadi aparatur sipil negara, maka wajar saja apabila banyak orang memperebutkan kursi menjadi ASN. Apakah alasan kenapa orang ingin menjadi PNS di atas juga mempengaruhi anda untuk mendaftarkan diri ?

Demikian, Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "7 Alasan Mengapa Orang Memilih Ingin Menjadi PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL)"