Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kronologibayu - Pada kesempatan ini saya akan bercerita mengenai Pengalaman naik Kereta Api  Bangunkarta. Adapun jurusan yang saya lalui yaitu Kereta Bangunkarta dari Pasar Senen menuju Stasiun Balapan Solo.

Harga tiket Kereta Bangunkarta dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 11.45 wib tujuan Stasiun Balapan Solo Pukul 20.40 wib adalah Rp. 240.000. selengkapnya dapat anda lihat pada foto di bawah ini.

Pengalaman Naik Kereta Api Bangunkarta Pasar Senen Jakarta ke Stasiun Balapan Solo, Harga Tiket KA Bangunkarta Ekonomi, Foto Kereta Api Bangunkarta!

Sejarah Kereta KA Bangunkarta

Pada awal perjalanannya tahun 1985, Kereta Api Bangunkarta dikenal dengan nama Kereta Api Tebuireng. Karena saat itu, KA Bangunkarta banyak digunakan oleh para santri dan keluarganya guna menuju Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur.

Kereta api Bangunkarta merupakan hasil penamaan ulang kereta api Tebuireng pada 1 Juli 2001 dengan layanan kelas eksekutif dan bisnis. Nama Bangunkarta diambil dari singkatan nama kota yang merupakan relasi kerera api tersebut yaitu Jombang – Madiun – Jakarta (BANGUNKARTA).

Jadwal perjalanan kereta api Bangunkarta per 10 Februari 2021

(berdasarkan Gapeka 2021).
        KA 122 Bangunkarta
(Rute Pasar Senen - Jombang)
Stasiun Datang Berangkat
Kertosono 23.18 23.23
Jombang 23.39     -

Persyaratan Naik Kereta Api Pada Masa Pandemi

Bagi kalian yang mau naik transportasi kereta api, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pada saat pandemi ini. Adapun syaratnya yaitu :
  • Penumpang yang bepergian di Pulau Jawa dan Sumatera dari 1 Juni 2021 hingga tanggal yang belum ditentukan harus menunjukkan hasil tes rapid antigen atau PCR negatif yang dilakukan paling lama 72 jam sebelum keberangkatan, atau hasil tes GeNose negatif yang dilakukan paling lama 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Penumpang di bawah umur 5 tahun tidak harus melakukan tes COVID-19.
  • Penumpang harus dalam kondisi sehat dan tidak lagi menderita dari flu, pilek, batuk, diare, demam, dan kehilangan indera penciuman. Suhu badan penumpang juga tidak boleh melebihi 37,3°C celsius.
  • Penumpang wajib menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis.
  • Penumpang tidak diperbolehkan berbicara lewat telepon sepanjang perjalanan.
  • Penumpang tidak diperbolehkan untuk makan atau minum dalam perjalanan kurang dari 2 jam, kecuali untuk minum obat.

Cerita Perjalanan Naik KA Bangunkarta.

Setelah acara 5 hari di kota Jakarta selesai, maka saya memutuskan untuk segera meninggalkan kota itu untuk menuju tempat tinggal saya dengan menggunakan transportasi darat yaitu Kereta Api. Kereta api  yang saya pilih pada saat itu adalah Kereta Api Bangunkarta jurusan Pasar Senen - Solo Balapan. Jam keberangkatan KA Bangunkarta yang saya pilih adalah berangkat jam 11.45 wib dari Pasar Senen dan sampai di Solo Balapan jam 20.40 wib.

Harga tiket yang saya dapat adalah Rp. 240.000. Harga ini merupakan harga tiket untuk kelas ekonomi. Sebenarnya saya bisa mendapat harga yang lebih murah dengan potongan seesar 25k jika saya memakai salah satu aplikasi booking online. Namun, ketika saya mau pesan di pagi itu kuota tiket Bangunkarta keberangkatan 11.45 wib sudah tidak tersedia. Padahal jam 6 pagi saya cek masih tersedia. Mungkin saya belum beruntung.

Saran: apabila ingin tiket dengan harga diskon, maka booking di hari sebelumnya sangat direkomendasikan.

Berhubung Tiket di aplikasi booking online tersebut sudah tidak tersedia maka saya memakai aplikasi resmi PT. KAI, yaitu KAI ACCES. Tapi ketika itu ada kendala, sewaktu saya pakai aplikasi error. Entah apa penyebabnya saya tidak tahu. Akhirnya saya segera bergegas menuju loket pembelian tiket kereta yang ada di stasiun Pasar Senen. Hal ini saya lakukan agar tidak kehabisan tiket Kereta Api Bangunkarta keberangkatan jam 11.45 wib.

Puji syukur, ternyata tiket masih tersedia. Sehingga saya bisa menuju Solo dari jam 11.45 wib. Ini  dia bukti pembelian tiket saya.

Foto Tanda Bukti Tiket Kereta Api Bangunkarta, Pengalaman Naik Kereta Api Bangunkarta Pasar Senen Jakarta ke Stasiun Balapan Solo

Tanda Bukti Tiket ini harus anda tukarkan dengan tiket di mesin cetak tiket mandiri pada saat proses Cek in. Mesin cetak tiket mandiri berada di depan pintu keberangkatan stasiun Pasar Senen.

Setelah menunggu beberapa jam, akhirnya saya putuskan cek in pada pukul 10.55 wib. Siapkan kartu identitas, Tiket Kereta Api, Surat Bukti Negatif Covid19 (Hasil Tes PCR, Tes Rapid Antigen atau GeNose) untuk ditunjukkan selama proses pemeriksaan di pintu keberangkatan.

Bagi anda yang belum memiliki surat PCR , anda bisa melakukan Tes Rapid Antigen maupun GeNose C19 beberapa jam sebelum keberangkatan di Stasiun Pasar Senen. Tentu anda akan dikenakan biaya tambahan untuk tes ini.

Foto Suasana Stasiun Kereta Api Pasar Senen
Foto Suasana Stasiun Kereta Api Pasar Senen.

Suasana Di Dalam Gerbong Ekonomi 3, KA Bangunkarta.
Foto Suasana Di Dalam Gerbong Ekonomi 3, KA Bangunkarta.

Kursi 9C/9D Gerbong Ekonomi 3, KA Bangunkarta.
Foto Kursi 9C/9D Gerbong Ekonomi 3, KA Bangunkarta.

Perjalanan Kereta Api dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Balapan Solo ketika itu sangat terasa asik. Tahu kenapa ? Karena perjalanan dilakukan di waktu siang, sehingga hampir separuh perjalanan ke solo, saya dapat melihat pemandangan di waktu terang (bukan gelap malam). Selain itu, kapasitas selama pandemi hanya dibatasi 70%. Hal ini membuat jumlah penumpang di dalam gerbong tidak terlalu banyak sehingga kita bisa merasa lega (tidak sumpek) ketika berada di dalam gerbong.

Jumlah penumpang ketika itu tidak terlalu banyak. Hal ini disebabkan oleh adanya pembatasan kapasitas penumpang 70% selama pandemi dan juga perjalanan yang saya lakukan bukan terjadi di akhir pekan. Dua hal ini membuat jumlah penumpang ketika itu tidak terlalu ramai.

sekilas info: Bagi anda yang ingin mengetahui harga terkini tiket kereta, reservasi tiket atau sekedar mencari info seputar kereta api, anda dapat mengecek secara online & realtime di Tiket.com

Post a Comment for "Pengalaman Naik Kereta Api Bangunkarta Pasar Senen Jakarta ke Stasiun Balapan Solo"