Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Darimana Sumber Penghasilan Gaji Youtuber ?

sumber penghasilan youtuber, ayo cek penghasilan youtuber, estimasi pendapatan youtube,penghasilan youtuber gaming sistem gaji youtuber, gaji youtuber,YouTube, YouTuber, penghasilan, uang, penghasilan youtuber, YouTuber, Youtube, Dapat uang, Cara dapat uang

Youtube menjadi salah satu media yang memberikan banyak manfaat untuk banyak orang. Selain sebagai media informasi, youtube juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Orang yang mencari sumber penghasilan melalui youtube seringkali disebut sebagai youtuber.

Sudah ada banyak orang yang membuktikan bahwa youtube menjadi sumber penghasilan yang sangat efektif. Berbagai contoh konten yang sudah ada seperti ngevlog, tutorial, informasi, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menciptakan ide sendiri untuk membuat konten sesuai yang anda inginkan. 

Semua tergantung dari diri anda sendiri bagaimana caranya membuat konten yang disukai oleh banyak orang. Konsistensi menjadi salah satu hal terpenting yang harus anda lakukan dalam membuat konten. 

Darimana Penghasilan “Gaji” Youtuber?. Penghasilan Youtuber secara garis besar berasal dari dua sumber.
  1. Monetisasi Google Adsense
  2. Penghasilan di luar Jaringan Youtube (Endorsement, Produk Affiliasi, Jual Produk Sendiri)

A. Penghasilan Youtuber dari Monetisasi Adsense

Banyak orang yang belum percaya bahwa seseorang bisa mendapatkan penghasilkan dari youtube. Apabila anda sudah memenuhi persyaratan dalam mengunggah konten, anda bisa mengajukan monetisasi terlebih dahulu.

Ada beberapa syarat yang harus anda lakukan agar akun anda dapat dimonetisasi. Seperti halnya jumlah subscriber minimal harus 1000, jam tayang minimal 4000, dan lain-lain. Berbagai persyaratan yang ada di dalamnya harus anda lakukan supaya anda bisa mendapatkan penghasilan melalui youtube.

Monetisasi inilah yang akan membuat konten anda nantinya akan dibayar berdasarkan skema baik itu jumlah view, like, dan lain sebagainya. Hal ini harus anda kuasai agar penghasilan yang bisa didapatkan memiliki nilai yang besar. 

Perhitungan penghasilan youtuber di Indonesia termasuk dalam nilai yang kecil.Hal tersebut dikarenakan effectife cost per milie yang kecil. Dimana penghasilan per view masih kalah jauh dengan negara lain seperti Amerika Serikat yang mampu mencapai 1-7 dollar untuk 1000 view. Sementara di Indonesia mungkin hanya akan mendapatkan penghasilan di bawah 1 dollar. 

Perhitungan kasar di Indonesia juga dibayar Rp. 7000 untuk per 100 view, nilai yang sangat rendah dibandingkan dengan negara lain. Angka tersebut bisa disebabkan oleh CPM dan juga CPC yang rendah di Indonesia. 

Untuk biaya per seribu tayang di Amerika bisa mencapai 2 dollar, sementara di Indonesia hanya mendapatkan 0,5 dollar atau setara Rp. 7000. Biaya per klik didapatkan berdasarkan jumlah klik iklan yang ada di chanel. Untuk biaya per klik biasanya dibayar dengan tariff Rp. 5000. Untuk pendapatan yang dihasilkan bisa berupa penghasilan bersih/jumlah tampilan halaman x 1000. 

Jika anda ingin mendapatkan bayaran yang tinggi, anda harus menarget view dari luar negeri agar bisa mendapatkan penghasilan dengan nilai yang lebih besar.

B. Sumber Penghasilan Youtuber di Luar Adsense

Selain mengandalkan adsense, anda juga bisa mendapatkan penghasilan melalui cara lain.  

1  Endorsement Produk / Brand Tertentu.

Endorse ini sama halnya iklan, nantinya orang yang ingin melakukan endorse akan menghubungi pihak pemilik akun youtube untuk mempromosikan suatu produk.

Sebagai pemilik akun hanya mengikuti saran dari orang yang melakukan endorse. Hal ini bertujuan agar para penonton tertarik dengan produk yang dipromosikan. Biasanya akun yang dipilih untuk endorse adalah akun yang sudah memiliki subscriber atau view dalam jumlah yang banyak. 

Untuk penghasilan tergantung dari beberapa hal, seperti halnya setiap akun pastinya memiliki nilai jual endorse yang berbeda. Semakin banyak view yang dihasilkan maka endorse yang harus dibayarkan mahal.

Biasanya untuk biaya endorse per post view sekitar Rp. 500.000. Akan tetapi, setiap pemilik akun youtube memiliki nilai jual endorse yang berbeda-beda. Seperti halnya untuk kalangan artis papan atas pastinya memiliki nilai harga endorse yang tinggi. Dengan endorse, anda tidak hanya mengandalkan google adsense saja.

2. Menjual Produk Affiliasi.

Produk yang dijual adalah milik brand atau badan usaha milik orang lain. Produk bisa berupa produk fisik maupun produk digital. Biasanya dalam menjual produk affiliasinya, si pemilik akun youtube akan menawarkan kepada calon pembeli berupa potongan harga tertentu dengan syarat menggunakan kode refferal dari pemilik akun youtube. 

Dengan memakai kode refferal tersebut maka si pembeli akan mendapatkan barang yang dibeli dengan harga yang lebih terjangkau. Dari setiap penjualan yang terjadi melalui kode refferal itulah si pemilik akun youtube akan mendapat komisi dari pemilik produk. Besaran komisinya tergantung kebijakan pemilik produk.

3. Menjual Produk Milik Sendiri.


Jika anda memiliki produk sendiri, anda juga bisa meningkatkan penjualan dengan cara mempromosikan produk anda melalui kanal youtube anda. Buatlah beberapa video yang memperkenalkan produk dan ulasan tentang keunggulan produk anda. Video promosi dibuat dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. 

Usahakan video anda dibuat secara profesional, karena ini menyangkut reputasi produk dan menunjukkan keseriusan anda dalam menjual produk. Promosi produk memalui kanal youtube tentunya sangat menghemat biaya dan jangkauan promosi sangat luas. 

Itulah 2 sumber utama dari mana penghasilan “Gaji” youtuber berasal. Apakah anda tertarik terjun ke dunia PerYuotuban ?. Jika iya, maka perlu diingat bahwa menjadi seorang youtuber tentu tidak semudah yang dibayangkan. 

Para youtuber biasanya membuat konten sesuai dengan hobi atau bakat yang dimilikinya. Hal itu dikarenakan konten yang dibuat berdasar kemampuan dari diri sendiri. Sehingga apa yang dikerjakan akan menimbulkan kepuasan tersendiri sesuai pasion yang dimiliki. 

Anda tidak hanya asal-asalan membuat konten lalu diunggah ke youtube. Anda harus membuat video sekreatif mungkin agar banyak orang tertarik untuk melihat video yang anda buat. Kualitas Konten menjadi salah satu faktor penting jika ingin menjadi youtuber. Semakin banyak pengunjung maka semakin banyak penghasilan yang bisa didapatkan. 

Demikian Artikel mengenai Sumber Penghasilan “Gaji” Seorang Youtuber. Semoga bermanfaat bagi anda.


-Sekian-

Post a Comment for "Darimana Sumber Penghasilan Gaji Youtuber ?"