Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi ERROR Gagal Buka Presensi Aplikasi SINAGA JATENG

Tips dan Cara mengatasi Gagal Buka Aplikasi SINAGA, GAGAL Presensi SINAGA,  Aplikasi SINAGA ERROR, Aplikasi SINAGA gangguan

Apa itu Aplikasi Sinaga Jateng? Sinaga (Sistem Informasi Pelayanan Kepegawaian) adalah sebuah sistem aplikasi informasi pelayanan kepegawaian digital yang memiliki tujuan menunjang percepatan layanan-layanan kepegawaian Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Berkaitan dengan SINAGA ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai cara mengatasi gagal masuk presensi di Aplikasi SINAGA JATENG. Selengkapnya lihat ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi ERROR Gagal Masuk Menu Presensi di Aplikasi SINAGA JATENG

Aplikasi SINAGA yang saya ulas ini merupakan aplikasi yang terinstal di HP ayah saya. Beliau merupakan seorang PNS Tata Usaha di salah satu SMK di kabupaten saya.

Pada suatu hari ayah saya mendapat informasi dari rekannya untuk meng-upgrade Aplikasi SINAGA ke versi terbaru. Sejurus kemudian ayah saya langsung menginstal Aplikasi SINAGA versi terbaru. 

Ada masalah ketika ayah saya telah memperbaharui Aplikasi SINAGA yaitu Gagal Masuk ke Menu Presensi

Tips dan Cara mengatasi Gagal Buka Aplikasi SINAGA, GAGAL Presensi SINAGA,  Aplikasi SINAGA ERROR, Aplikasi SINAGA gangguan

Ayah mulai menerka dan mencari solusi untuk memecahkan masalah yang ada. Adapun langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut :

1. Melepas aplikasi SINAGA terbaru yang terpasang dan kemudian memasang lagi. 

Hasilnya : Masih nihil alias gagal. Bahkan ayah saya telah mencoba lebih dari tiga kali.

2. Melepas / Uninstall aplikasi lain yang berukuran besar.

Hasilnya: Masih tetap gagal.

3. Mencoba memasang Aplikasi SINAGA di HP Lain.

Hasilnya: Berhasil 

Yap, akhirnya dengan cara yang ketiga tersebut dapat menjawab masalah.

Eit tunggu dulu, 
masalah belum sepenuhnya selesai. Masalah baru justru timbul, karena HP lain yang dicoba untuk pasang Aplikasi SINAGA adalah HP yang memiliki Spesifikasi lawas. Sedangkan HP Ayah saya adalah HP yang terbaru. 

Ya masak' di HP lawas bisa sedangkan di HP terkini tidak bisa. Aneh memang. hemmm

Apa yang sesungguhnya terjadi pada aplikasi SINAGA milik Ayah saya?

Akhirnya saya mencoba mencari jawaban kenapa hal tersebut bisa terjadi. Setelah saya amati dan pahami lagi maksud "Dialog Error" di Aplikasi SINAGA ayah saya. Adapun dialog error-nya yaitu

Tips dan Cara mengatasi Gagal Buka Aplikasi SINAGA, GAGAL Presensi SINAGA,  Aplikasi SINAGA ERROR, Aplikasi SINAGA gangguan

Di HP ayah saya terdapat aplikasi yang menurut saya mencurigakan. Apa aplikasi itu ?.  Aplikasi itu adalah GPS Coordiates.

Tips dan Cara mengatasi Gagal Buka Aplikasi SINAGA, GAGAL Presensi SINAGA,  Aplikasi SINAGA ERROR, Aplikasi SINAGA gangguan
 
Saya berpikir, barangkali aplikasi GPS inilah yang tidak disetujui oleh Aplikasi SINAGA. 

Kemudian saya uninstall aplikasi GPS yang ada di HP ayah saya. Setelah itu saya buka menu Presensi di Aplikasi SINAGA dan akhirnya saya bisa masuk ke menu tersebut. 

Dengan berhasil masuk ke menu tersebut maka berakhir sudah masalah dan Ayah saya bisa menggunakan Aplikasi SINAGA dengan lancar.

Demikian ulasan kali ini mengenai Cara Mengatasi ERROR / Gagal Buka Presensi Aplikasi SINAGA JATENG. Semoga bermanfaat bagi anda.

Bagi bapak/ibu yang belum upgrade Aplikasi SINAGA JATENG Terbaru, silahkan download apk-nya disini. Apk SINAGA versi Update

- Sekian-

2 comments for "Cara Mengatasi ERROR Gagal Buka Presensi Aplikasi SINAGA JATENG "

  1. Saya mengalami demikian juga, hanya dengan mencoba berulang-ulang akhirnya bisa. Hari berikutnya begitu lagi, berarti sinaganya yang gak layak mendapat bintang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang aplikasi SINAGA JATENG ini perlu banyak perbaikan Mas.
      Jika melihat komentar review di playstore banyak dari mereka yang merasa dirugikan karena beberapa hal, misal:
      - Keterlambatan presensi karena harus melakukan restart aplikasi berkali-kali.
      - Sistem tidak me-record presensi
      - Masalah koordinat yang kadang error.

      Terima kasih telah berkunjung.

      Delete