Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Profil Sejarah Perjalanan Band Simple Plan

Sejarah band simple plan selalu menarik untuk diikuti. Itu karena, band bergenre pop punk ini selalu sukses menarik animo masyarakat dalam jumlah besar. Simple Plan sendiri merupakan band yang berasal dari Kanada. 

Salah satu keunikan dari band ini terletak pada komitmen para personilnya. Sejak awal terbentuk hingga sekarang, pergantian personil tidak pernah terjadi. 

Itu karena, band ini sendiri selalu diisi Pierre Bouvier, Jeff Stinco, Sébastien Lefebvre, Chuck Comeau, dan David Desrosiers.

Walaupun sejarahnya sangat panjang, Simple Plan tidak seperti band lain yang pernah mengeluarkan ratusan album. Total album yang pernah dikeluarkannya adalah 5 buah. Tentu setiap album selalu berhasil meraih kesuksesan. 

Sejarah band simple plan, nama personil simple plan, Lagu hits simple plan

Sejarah Band Simple Plan dari Tahun ke Tahun

Untuk mengenal lebih jauh sejarah band simple plan, akan lebih tepat jika mengulasnya dengan mengetahui kisah di tahun-tahun penting. Itu Ada beberapa tahun dimana nama simple plan sempat mengalami peningkatan popularitas.

Jika tahun-tahun penting ini belum diketahui, Anda sudah berada di tempat yang tepat. Disini akan diuraikan lebih jauh mengenai tahun-tahun tersebut. Oleh karena itu, berikut langsung saja ulasannya secara rinci.

1. Perjalanan Band Simple Plan Tahun 1999

Sejarah band simple plan dimulai pada tahun 1999. Itu karena, 1999 adalah tahun dimana simple plan pertama kali dibentuk. Sebenarnya ada sebuah band bernama Reset yang pernah dibentuk pada tahun 1996.

Beberapa personil Simple Plan sendiri sempat menjadi anggota pada Band tersebut. Namun karena popularitasn Reset terlalu tinggi, Simple Plan pada akhirnya dibuat. Ketika ditanya apa makna dari nama Simple Plan, belum ada jawaban pasti terkait hal ini.

Itu karena, para personil selalu menjawab pertanyaan ini layaknya lelucon. Bahkan ada beberapa personil yang mengatakan kalau makna simple plan berarti rencana dadakan agar tidak perlu bekerja di restoran cepat saji.

2. Perjalanan Band Simple Plan Tahun 2002

Dalam sejarah band simple plan, album pertama mereka rilis pada tahun 2002. Ketika itu, beberapa single memang langsung meledak seperti I’m just a Kid, I’d Do Anything, hingga Addicted. Jangan lupa juga dengan single Perfect yang sangat mendunia.

Ada keunikan tersendiri yang dikenalkan Simple Plan ke dunia ketika mengeluarkan album ini. Itu karena, Simple Plan mengaku ingin mengenalkan album yang isinya murni pop punk ke dunia. Judul albumnya sendiri cukup unik.

Nama ini diambil dari istilah dalam olahraga Rugby yaitu “No Pad, No Helmets, Just Balls”. Ketika pertama kali dirilis di Amerika Serikat, album ini berisi 12 lagu. Single Perfect yang sangat populer sendiri menjadi nama terakhir di daftar lagu tersebut.

3. Perjalanan Band Simple Plan Tahun 2004

Tahun selanjutnya yang tidak kalah vital saat mengulas sejarah band simple plan terjadi pada tahun 2004. Di tahun tersebut tepatnya pada bulan Oktober, Simple Plan merilis album keduanya. Album keduanya sendiri berjudul Still Not Getting Any.

Pada album kedua ini, ada beberapa single populer yang dirilisnya. Single populer tersebut seperti Welcome to My Life, Shut Up, Crazy, hingga Untitled. Album kedua ini dibuat dengan pendekatan sedikit berbeda dibanding album sebelumnya.

Di album sebelumnya, Simple Plan memang ingin merilis lagu yang murni bergenre pop punk. Tetapi di album kedua ini, batasan tersebut dihilangkan. Mereka hanya mengaku ingin membuat “musik yang baik” dalam lagu-lagu yang dibuatnya.

4. Perjalanan Band Simple Plan Tahun 2008

Setelah Still Not Getting Any rilis, Simple Plan langsung melakukan tur untuk mempopulerkan album tersebut. Tur ini sendiri selesai sekitar satu setengah tahun kemudian atau tepatnya pada bulan Februari tahun 2006.

Dari sana, pihak tim memutuskan untuk istirahat singkat sebelum akhirnya sejarah band Simple Plan kembali dilanjutkan dengan rilisnya album baru. Album ini sendiri dijadwalkan akan rilis pada 29 Januari 2008.

Hanya saja dalam pelaksanaannya, album ketiga ini akhirnya dirilis mundur dari jadwal. Itu karena, perilisannya terjadi pada 6 Februari 2008. Walaupun memang, album berjudul “Simple Plan” ini bisa dikatakan kalah populer jika dibandingkan dua album sebelumnya.

5. Perjalanan Band Simple Plan Tahun 2011

Sejarah band Simple Plan berlanjut dengan perilisan album ke-empat. Perilisan album ke-empat ini mengusung nama Get Your Heart On. Dalam perilisan album ini, banyak pihak meyakini kalau Simple Plan akan sukses membalas kegagalan pada album ketiga.

Kesuksesan sendiri akhirnya berhasil diraih ketika perilisan album ini. Itu karena, Jet Lag yang menjadi judul lagu pertama pada album ini sukses meraih sukses besar. Bahkan lagu tersebut akhirnya dirilis dalam bahasa Inggris dan Prancis.

Album ini sendiri adalah kali kedua Simple Plan memutuskan untuk melakukan kolaborasi dengan artis lain. Terakhir kali mereka melakukan kolaborasi adalah pada album pertama. Ketika itu, mereka berkolaborasi bersama Mark Hoppus dan Joel Madden.

6. Perjalanan Band Simple Plan Tahun 2016

Sejarah band simple plan sendiri dilanjutkan pada tahun 2016. Pada tahun ini, mereka akhirnya merilis album kelima. Album kelima ini resmi rilis pada tanggal 19 Februari 2016. Perlu anda ketahui bahwa project album kelima ini telah dimulai sejak tahun 2015. Bahkan beberapa single untuk album kelima sudah dirilis di tahun 2015.  

Judul singlenya sendiri adalah I Don’t Wanna Go to Bed. Jika dilihat secara keseluruhan, album ini sendiri berisi 14 lagu utama. Hanya saja selain 14 lagu utama tersebut, ada juga 1 tambahan lagu yang memang ditambahkan pada album perilisan Paris.

Sebenarnya ada juga 2 lagu tambahan yang disematkan pada album perilisan Jepang. Album kelima dari Simple Plan ini sendiri memang menggandeng banyak musisi besar. Contohnya sendiri seperti R. City, Nelly, hingga Jordan Pundik.

Menarik memang ketika mengikuti kisah sejarah Band Simple Plan. Terlebih lagi David sebagai bassis memutuskan untuk mengundurkan diri pada tahun 2020. 

Pengunduran diri ini membuat formasi pada Simple Plan kembali menjadi formasi awal saat dibentuknya band ini tahun 1999 silam, yakni saat sebelum David masuk menjadi bagian dari Simple Plan.


Demikian tulisan mengenai sejarah perjalanan band simple plan. Semoga bermanfaat.




Post a Comment for " Biografi Profil Sejarah Perjalanan Band Simple Plan"