Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Tips Ampuh Cara Mengatasi Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Cara untuk Mencegah Mabuk di Perjalanan,  Tips Cara untuk Mencegah Mabuk di Perjalanan, cara alami agar tidak mabuk perjalanan, obat pencegah mabuk perjalanan

Apakah Anda pernah mengalami mabuk ketika dalam perjalanan? jika iya akan kami sajikan 7 tips ampuh mengatasi mabuk perjalanan. Ketika bepergian ke suatu tempat, baik itu menggunakan jalur darat atau apapun, pasti ada yang pernah mengalami mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan ditandai dengan rasa pusing disertai mual, selain itu juga bisa dialami oleh anak-anak, orang dewasa, maupun lansia. Ada beberapa gejala yang bisa Anda alami saat mabuk perjalanan.

Beberapa gejala tersebut diantaranya, pusing, keringat dingin, muntah, mual, sakit perut, bahkan kesulitan menjaga keseimbangan tubuh. Tentu gejala tersebut cukup merepotkan saat dalam perjalanan, maka dari itu dibutuhkan tips ampuh untuk mengatasinya.

Mabuk perjalanan tentu saja mempunyai tentu tidak datang secara tiba-tiba, namun ada penyebab khusus mengapa hal itu bisa terjadi. Jika Anda ingin mengetahui penyebabnya, terus simak pembahasan berikut.

Di dalam tubuh kita, tepatnya di telinga bagian dalam dan otak, terdapat pusat pengatur keseimbangan dan posisi tubuh. Sistem saraf tubuh akan bekerja serta mengirimkan sinyal pada otak dan telinga bagian dalam, saat tubuh bergerak atau dalam posisi tertentu.

Misalnya, saat Anda sedang melompat, berlari, berjalan, duduk, berdiri, atau berputar. Tentu saat sedang bepergian pun, mekanisme pengaturan posisi serta keseimbangan tubuh juga tetap bekerja.

Namun pada sebagian orang, mereka lebih sensitif serta tidak mampu mengolah semua sinyal saraf yang diterima dengan baik. Alhasil, mereka akan lebih mudah merasakan pusing, atau mual sehingga 7 tips ampuh mengatasi mabuk ini mungkin akan berguna bagi mereka. 

Ada beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terjadinya mabuk kendaraan, berikut diantaranya. Membaca buku atau bermain ponsel saat diperjalanan, memiliki migrain, memiliki vertigo, lain sebagainya. Berikut tips meredakannya.

Berikut 7 Tips Ampuh Mengatasi Mabuk Perjalanan

1. Mengonsumsi Jahe atau Permen Mint

Cara pertama dalam 7 tips ampuh mengatasi mabuk ialah mengonsumsi jahe atau permen mint. Dengan meminum teh atau seduhan air jahe dapat membantu mencegah serta meredakan gejala muntah dan mual saat diperjalanan.

Dengan wangi khasnya, aroma jahe serta daun mint dipercaya dapat merilekskan tubuh. Bagi Anda yang sering mengalami kondisi ini, disarankan agar selalu membawa minuman jahe atau permen mint agar trip terasa lebih nyaman.

2. Menghirup Minyak Angin atau Aroma Terapi

Cara berikutnya dapat mengurangi rasa mual dan tidak nyaman saat sedang bepergian, yaitu dengan menghirup minyak angin atau aroma terapi. Beberapa aroma tersebut didapatkan dari minyak esensial tertentu.

Seperti, minyak dari kayu putih, bunga lavender, lemon, bahkan rempah-rempah sekalipun termasuk adas serta kapulaga. Agar semakin nyaman, pilihlah aroma yang Anda sukai.

3. Beristirahat Sejenak dengan Memejamkan Mata

Kemudian 7 tips ampuh mengatasi mabuk selanjutnya adalah memejamkan mata serta beristirahat sejenak. Bila Anda menggunakan transportasi darat, bukalah sedikit celah pada jendela agar bisa menghirup udara segar selama beberapa menit.

Selain itu, saat dalam perjalanan jauh, disarankan untuk beristirahat sejenak dengan memejamkan mata. Kemudian begitu setibanya di rest area, berjalanlah sebentar sembari menghirup udara segar.

4. Mengubah Posisi Tubuh

Posisi tubuh saat berada pada kendaraan cukup berpengaruh sehingga bisa meningkatkan risiko mabuk perjalanan. Adapun dengan menghadap ke belakang atau ke samping bisa membuat gejala menjadi lebih parah dan mudah kambuh.

Dengan mengubah posisi duduk mengarah ke depan, diharapkan dapat membantu mengurangi gejala tersebut. Ini juga merupakan salah satu 7 tips ampuh mengatasi mabuk saat bepergian.

5. Hindari Makan Terlalu Kenyang Sebelum Bepergian

Tidak ada salahnya mengisi perut terlebih dahulu sebelum bepergian, namun segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Usahakan makan secukupnya saja dan tidak berlebihan, karena guncangan dari kendaraan bisa menyebabkan pusing dan mual.

Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa membawa beberapa makanan ringan untuk dimakan selama trip berlangsung. Walau hanya makanan ringan, namun dipercaya bisa membantu mengurangi rasa pusing dan mual.

Makanan ringan tersebut bisa berupa snack, keripik, makanan manis, atau juga buah-buahan. Jadi, usahakan agar selalu membawa persediaan makanan ringan saat akan bepergian.

6. Hindari Membaca Buku dan Bermain Ponsel

Tidak melakukan apa-apa saat sedang dalam perjalanan memang sangat membosankan, terlebih lagi bila jarak perjalanan ternyata cukup jauh. Karenanya, banyak orang yang melampiaskan rasa bosannya dengan melakukan kegiatan lain.

Kegiatan tersebut seperti bermain ponsel atau membaca buku. Seperti yang telah dijelaskan tadi, kegiatan seperti ini dapat meningkatkan risiko terjadinya gejala mabuk perjalanan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Hal ini terjadi, karena adanya ketidakselarasan antara mata dan telinga. Saat mata terfokus pada suatu objek sedangkan tubuh mengalami guncangan saat perjalanan, hal ini bisa memicu rasa mual dan pusing.

Oleh karena itu, pada 7 tips ampuh mengatasi mabuk ini, usahakan untuk tidak bermain ponsel dan membaca buku. Lebih baik beristirahat saja selama perjalanan, karena selain membuat tubuh lebih rileks, bisa mengurangi risiko gejala pusing dan mual juga.

7. Minum Obat Mabuk Perjalanan

Setelah mencoba beberapa tips di atas, namun gejala masih belum mereda, maka lebih baik Anda meminum obat mabuk perjalanan. Ini merupakan 7 tips ampuh mengatasi mabuk terakhir yang bisa kami sajikan.

Obat tersebut, seperti dimenhydrinate atau scopolamine. Agar obat dapat bekerja lebih maksimal, lebih baik mengonsumsi obat sebelum trip bepergian dimulai. Dengan ini, Anda bisa melakukan aktivitas tanpa takut gejala pusing dan mual menyerang.

Apakah Mabuk Perjalanan Berbahaya ?

Mabuk perjalanan memang bukan penyakit yang membahayakan. Meskipun demikian, gejala mabuk perjalanan bisa membuat perjalanan kita menjadi kurang menyenangkan. Persiapan diri yang matang sebelum perjalanan adalah solusi ampuh mengatasi agar tidak mengalami mabuk perjalanan. 

Demikian artikel berjudul 7 Tips Cara Mengatasi Agar Tidak Mabuk Perjalanan. Semoga bermanfaat.

-Sekian-

Post a Comment for " 7 Tips Ampuh Cara Mengatasi Agar Tidak Mabuk Perjalanan"