Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review: Pengalaman Membeli Gudeg Kaleng Khas Jogja

Review: Pengalaman Membeli Gudeg Kaleng - Halo para pembaca semua, kali ini saya akan mereview pengalaman saya membeli Gudeg Kaleng instan siap makan. Sebelum masuk lebih lanjut ke review Gudeg kaleng, sebaiknya kita ketahui apa itu sesungguhnya makanan Gudeg. Untuk menjelaskan itu semua saya kutip beberapa keterangan yang bersumber dari web slemankab.go.id

Apa itu Gudeg ? 

Gudeg adalah sebuah makanan berupa sayuran berwarna coklat gelap berasa manis yang terbuat dari nangka muda. Dalam istilah bahasa jawa, Nangka Muda disebut dengan Gori. Gudeg dibuat dengan bumbu yang sangat khas dan penuh rempah. Rasa manis Gudeg diperoleh dari gula kelapa (gula merah) 

Apa saja bumbu yang biasa dipakai dalam membuat Gudeg ? 

Ada pun bumbu untuk bikin Gudeg yaitu laos, daun salam, bawang putih dan bawang merah, kemiri, ketumbar dan yang khas yang biasa dijadikan bahan pewarna gudeg adalah saun jati. Diperlukan waktu lebih dari 6 jam untuk memasak gudeg, kadang sampai kuahnya kering.

Macam-Macam Gudeg

Secara garis besar, Gudeg dibagi menjadi dua macam, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Beda antara gudeg basah dan gudeg kering terletak pada kuantitas arehnya. 

Areh adalah kuah yang sangat kental terbuat dari santan kelapa bercampur dengan ampas minyak kelapa atau blondho

Jenis gudeg basah yaitu lebih berkuah dan bersantan lebih banyak. Gudeg basah biasanya lebih pedas. Gudeg kering, arehnya lebih kering dan berasa lebih manis.

Baik demikian penjelasan singkat mengenai Gudeg makanan khas yang terbuat dari Gori (Nangka Muda). Kita akan lanjut ke cerita mengenai Pengalaman saya membeli Gudeg Kaleng di Jogjakarta.

Next>>

Kali ini saya berkesempatan berkunjung ke Jogja. Kunjungan ke Jogja ini merupakan lanjutan cerita dari Pengalaman Naik Kereta Api Pasundan Rute Ngawi - Lempuyangan

Berkunjung ke Jogja akan terasa belum lengkap tanpa mencoba kuliner Khas Jogja yaitu Gudeg.  Banyak Warung Makan yang menjajakan Gudeg di Jogja, namun kali ini saya mengunjungi warung Gudeg Bu lies. 

Seperti biasa, saya disitu memesan dua porsi gudeg + nasi serta  minuman. Suasana kala itu sedikit lengang, hanya ada saya bersama partner dan satu meja berisi satu rombongan keluarga. 

Harga makanan di Warung Gudeg Bu Lies cukup terjangkau, saya rasa harganya sama dengan warung gudeng di dekatnya. Warung Gudeg Bu Lies ini beralamatkan di Jln. Wijilan No.5, RT.31/RW.8, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131. Area tersebut merupakan area pusat kuliner Gudeg dan pusat oleh-oleh lainnya. Banyak Warung Gudeg ternama lain juga berada di kawasan tersebut.

Silahkan lihat Maps di bawah ini untuk lokasi Gudeg Bu Lies Jogja.

Pada akhir kunjungan saya di Warung Gudeg Bu Lies, saya pun tertarik dengan Gudeg Kaleng yang dipajang di meja. Akhirnya saya pun penasaran dan  membelinya untuk dibawa pulang ke rumah. Adapun jenis Gudeg kaleng yang saya beli pada waktu itu yaitu Gudeg Kaleng Ayam dan Gudeg Kaleng Ayam dan Telor . Selengkapnya lihat pada foto di bawah ini.

Gudeg Khas Jogja, Gudeg kaleng Bu Lies, Harga Gudeg Bu Lies, Makanan Gudeg berasal dari daerah, Gudeg Kaleng Bu Lies, Varian rasa gudeg kaleng
Varian rasa Gudeg Kaleng

Apakah Rasa Gudeg Kaleng sama dengan Gudeg Asli (Gudeg Non Instan) ?

Berdasar pengalaman saya membeli gudeg kaleng, rasa Gudeg kaleng sama persis dengan Gudeg Asli (Gudeg Non Instan). Tidak ada yang beda guys. Rasa manis dan rasa isiannya tetap sama.

Berapa Harga Gudeg Kaleng Bu Lies ?

Banyak varian rasa yang ditawarkan oleh Gudeg Kaleng di Warung Gudeg Bu Lies. Adapun Gudeg kaleng yang saya beli adalah varian rasa Gudeg Ayam Dalam Kaleng dan Gudeg Ayam dan Telor Dalam Kaleng. Harga yang saya bayar saat itu yaitu Rp.35.000 per-kaleng.

Berapa Lama Gudeg Kaleng Bisa Bertahan ?

Bisa bertahan lama, berdasar Gudeg Kaleng yang saya beli ketika itu masa expired-nya hingga bulan Juni 2023. Dengan demikian kita tidak perlu khawatir akan masa kadaluarsanya. Saya rasa Gudeg Kaleng ini cocok sebagai oleh-oleh untuk sanak famili atau sahabat kita.

Gudeg Khas Jogja, Gudeg kaleng Bu Lies, Harga Gudeg Bu Lies, Makanan Gudeg berasal dari daerah, Gudeg Kaleng Bu Lies, Varian rasa gudeg kaleng
Tanggal kadaluarsa Gudeg Kaleng

Bagaimana Cara Penyajian Gudeg Kaleng ?

Cara Menyajikan Gudeg Kaleng ini sangat mudah.  Hangatkan Gudeg dengan cara dikukus, dimasukkan di dalam Microwave atau bisa dihangantkan dengan wajan teflon.  Mudah sekali bukan?. Menyajikan Gudeg Kaleng semudah menyajikan Sarden. Cocok untuk acara santai atau jamuan formal. Untuk acara camping juga sangat cocok. Gudeg kaleng bisa juga di makan secara langsung, namun rasa kurang enak kalau disajikan dalam keadaan tidak hangat.

Gudeg Khas Jogja, Gudeg kaleng Bu Lies, Harga Gudeg Bu Lies, Makanan Gudeg berasal dari daerah, Gudeg Kaleng Bu Lies, Varian rasa gudeg kaleng
Gudeg Kaleng siap disantap.

Demikian cerita pengalaman membeli Gudeg Kaleng Khas Jogjakarta. Apakah kalian tertarik ingin menikmati Gudeg Khas Jogja tapi tidak bisa datang langsung ke Jogja?.  Gudeg Kaleng adalah solusinya. 

Harga Gudeg Kaleng di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Post a Comment for "Review: Pengalaman Membeli Gudeg Kaleng Khas Jogja"