Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Profil Pendidikan, Karir dan Agama Ganjar Pranowo

Profil Ganjar Pranowo - Akrab dengan beliau sebagai gubernur Jawa Tengah, seperti apa biodata profil Ganjar Pranowo lengkap? Saya akan membahasnya secara lengkap, mulai dari latar belakang, pendidikan, hingga karirnya di sini. Narasi ini membantu Anda mengenal beliau lebih dekat.

Sekilas informasi tentang Profil Ganjar Pranowo bahwa beliau sebelum terjun ke dunia politik adalah seorang pengacara dan konsultan. Kiprahnya di dunia politik dijembatani oleh PDIP dan untuk pertama kali menjadi anggota DPR, baru kemudian hadir sebagai gubernur Jawa Tengah.


Karena aksinya yang selalu terjun langsung ke lapangan, seorang Ganjar Pranowo diberi label sebagai gubernur yang merakyat. Ingin mengenal lebih jauh sosok Ganjar Pranowo  selaku orang nomor 1 di Jawa Tengah? Berikut saya berikan biodata profil Ganjar Pranowo yang lengkap untuk Anda!

Profil dan Biodata Ganjar Pranowo Lengkap: Prestasi, Pendidikan, Keluarga, Perjalanan Karir, Kekayaan, Akun IG · Nama lengkap: H. Ganjar Pranowo

Biodata Profil Ganjar Pranowo Lengkap 

Saya akan uraikan biodata profil Ganjar Pranowo dari tanggal lahir beliau, yakni 28 Oktober 1968 di Karanganyar, Jawa Tengah. Berapa bersaudara Ganjar Pranowo? Beliau merupakan anak kelima dari total 6 bersaudara. Ganjar Pranowo lahir dari sepasang suami istri bernama Parmuji Pramudi Wiryo dengan Suparmi.

Sang ayah adalah anggota polisi yang mewarisi sikap disiplin, sementara ibunya adalah ibu rumah tangga dengan pengajaran ketat norma kehidupan kepada seluruh anaknya. 

Ganjar Pranowo pada akhirnya bertumbuh dan berkembang dengan mewarisi kedua sifat tersebut dan terbukti mampu menerapkan tauladan orang tuanya tersebut hingga sampai saat ini.

Ganjar Pranowo telah menikah dengan Siti Atikoh Supriyanti dan dikaruniai satu orang anak bernama Muhammad Zinedine Alam Ganjar. 

Apa Agama Ganjar Pranowo ?

Banyak dari netijen maupun anda yang kepo mengenai apa agama yang dianut oleh Ganjar Pranowo. Saya informasikan bahwa beliau dan keluarga menganut agama Islam seperti mayoritas agama di Indonesia. 

Fakta: Ternyata ketika lahir, nama asli beliau adalah Ganjar Sungkowo.

Apa yang mendasari pergantian nama Pranowo menjadi Sungkowo?. Jika merunut tulisan biodata profil Ganjar Pranowo lengkap, penggantian nama belakang beliau tidak terjadi begitu saja, namun didasari alasan kuat kedua orang tuanya. 

Sungkowo dalam bahasa Jawa bermakna kesedihan dan kesialan, maka kedua orang tuanya khawatir jika sang anak kelak tidak menemukan kebahagiaan. Akhirnya, ketika memasuki usia sekolah, nama Sungkowo diganti menjadi Pranowo dan dikenal banyak orang hingga saat ini. 

Riwayat Pendidikan Ganjar Pranowo

Merekam jejak pendidikan GP dalam biodata profil Ganjar Pranowo lengkap, ada tiga kota penting tempat dalam menempuh pendidikan. Pertama kabupaten Purworejo Jawa Tengah, Yogyakarta, dan terakhir di Depok Jawa Barat.

Lebih tepatnya, berikut daftar riwayat pendidikan yang telah dan sedang dijalani GP:

  1. SDN 1 Kutoarjo Jawa Tengah dinyatakan lulus tahun 1981.
  2. SMPN 1 Kutoarjo Jawa Tengah dinyatakan lulus tahun 1984.
  3. SMA BOPKRI 1 Yogyakarta dinyatakan lulus tahun 1987.
  4. Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dinyatakan lulus tahun 1995.
  5. Jurusan Ilmu Politik Universitas Indonesia Depok yang masih berlangsung pendidikannya sampai saat ini.

Jejak Karir Ganjar Pranowo

Sebelum terjun ke dunia politik, seorang Ganjar Pranowo adalah konsultan HRD perusahaan tertentu. Penasaran seperti apa biodata profil Ganjar Pranowo lengkap? Berikut merupakan rangkuman perjalanan karirnya dari semenjak beliau lulus kuliah S1 hingga sekarang:

  1. Untuk pertama kali berkarir sebagai konsultan HRD di PT Prakarsa (1995-1999).
  2. Setelah itu berkarir di dunia politik sebagai Anggota Komisi IV DPR RI di bidang Kehutanan, Pertanian, Kelautan, Perkebunan, Perikanan, dan Pangan (2004-2009).
  3. Pada tahun yang sama menjabat sebagai Anggota Badan Legislasi di DPR (2004-2009).
  4. Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-undang mengenai Partai Politik dan sebagai Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-undang mengenai MPR, DPR, DPD, DPRD di DPR RI (2007-2009).
  5. Pernah menjabat sebagai Sekretaris 1 Fraksi PDIP di DPR RI (2007-2009).
  6. Pernah menduduki posisi sebagai Sekretaris 1 Fraksi PDIP di MPR RI (2009-2010).
  7. Pernah terlibat sebagai Anggota Panitia Khusus Angket Century Bank di DPR RI (2009-2010).
  8. Ternyata selain menjabat sebagai Gubernur, GP juga seorang Wakil Ketua Komisi II DPR RI meliputi pemerintahan dalam negeri serta otonomi daerah, kepemiluan, aparatur negara dan reformasi birokrasi, serta pertanahan serta reforma agraria (2009-saat ini).
  9. Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI (2010-2013)
  10. Masih menjadi Anggota Tim Pengawas Century dari tahun 2010-2013.
  11. Terbaru dan sedang dijalani adalah karir sebagai Gubernur Jawa Tengah (2013-saat ini).

Begitulah rekam jejak perjalanan karir sang Gubernur Jawa Tengah dari tahun 1995 di perusahaan hingga saat ini sebagai seorang abdi masyarakat. Lengkapnya informasi tentang beliau bisa Anda dapatkan dengan membaca lebih banyak sumber biodata profil Ganjar Pranowo lengkap.

Daftar Penghargaan yang didapat Ganjar Pranowo  

Sebagai orang berpengaruh di Jawa Tengah, kurang lengkap rasanya jika tidak mengorek apa saja penghargaan yang telah diterima beliau. Berikut kami rangkum daftar penghargaan-penghargaan tersebut:

  1. Memenangkan Anugerah Pataka Paramadhana Utama Nugraha Koperasi pada tahun 2013.
  2. Dinobatkan sebagai Kepala Daerah Inovatif dalam kategori layanan publik pada tahun 2014.
  3. Mampu mengatasi bencana di Jawa Tengah pada tahun 2014.
  4. Mendapatkan Anugerah Tokoh Media Radio dari PRSSNI atau Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia di Jawa Tengah pada 2015.

Penobatan beberapa penghargaan kepada beliau diberikan oleh beberapa pihak. Kedepannya, selama masa jabatannya sebagai Gubernur masih melekat maka tidak menutup kemungkinan bertambah lagi berbagai penghargaan lain.

Daftar Harta Kekayaan Ganjar Pranowo.

Berapa harta kekayaan Ganjar Pranowo? untuk menyimak berapa besar harta kekayaan Ganjar Pranowo, kita bisa meninjau kekayaan beliau melalui dokumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). selengkapnya klik di sini

Akun Media Sosial Ganjar Pranowo. 

Bagi anda yang ingin mengulik Ganjar Pranowo lebih lanjut melalui media sosialnya. Anda dapat mengunjungi alamat media sosial beliau pada link di bawah ini. 

Akun Instagram : https://www.instagram.com/ganjar_pranowo 
Akun Twitter      : https://twitter.com/ganjarpranowo 
Akun Youtube    : https://www.youtube.com/c/GanjarPranowoOfficial

Ganjar Pranowo adalah sosok pemimpin yang tegas dan baik, tidak heran jika namanya populer. Detail informasi mengenai biodata profil Ganjar Pranowo lengkap yang saya berikan hendaknya bisa menjadi sarana lebih jauh untuk anda mengenal beliau secara pribadi. Semoga biodata profil Ganjar Pranowo lengkap ini dapat menambah wawasan anda.

-Sekian-

Post a Comment for "Profil Pendidikan, Karir dan Agama Ganjar Pranowo "