Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Cara Efektif Mengatasi Malas Menulis Artikel Blog

Apakah Anda punya blog, tapi malas mengisinya dengan artikel, jika demikian maka tips cara mengatasi malas menulis artikel di blog akan sangat bermanfaat diterapkan untuk mengusir kemalasan tersebut.

Memiliki blog memang mampu memberikan penghasilan tambahan untuk Anda, tapi itu tidak akan terjadi apabila malas mengisinya. Sayang sekali, kemalasan ini sangat sulit dihilangkan hingga akhirnya membuat blog terbengkalai.

Menciptakan kebiasaan menulis blog memang bukan hal mudah dilakukan, apalagi bagi blogger pemula. Rasa malas seringkali muncul sehingga tidak konsisten untuk membangun kebiasaan baik.

Apabila Anda ingin menjadi penulis blog yang konsisten, maka harus bisa membuang kemalasan dan membangun kebiasaan menulis setiap hari. Kali ini, kami akan membagikan beberapa tips sehingga membantu Anda konsisten menulis artikel untuk blog.

tips cara mengatasi malas menulis artikel di blog, tips cara agar semangat menulis artikel di blog, malas menulis artikel, semangat menulis artikel

7 Tips Cara Mengatasi Malas Menulis Artikel di Blog

Ada berbagai alasan yang membuat seseorang malas untuk menciptakan tulisan yang diposting di blog. Salah satunya adalah sepinya pengunjung, hal ini memang tidak bisa dihindari oleh penulis pemula.

Namun, sebagai pemula harus disadari bahwa Anda bukanlah siapa-siapa dan belum dikenal. Lewat artikel yang diterbitkanlah branding diri dibangun sehingga orang mengenal dan datang mengunjungi situs Anda.

Kebanyakan pemilik situs memang memiliki masalah ini, jadi tidak perlu khawatir bahwa bukan hanya Anda saja yang mengalaminya. Namun, jangan berdiam diri saja, lakukan 7 tips berikut untuk usir rasa malas dalam menulis blog:


1. Menjadikan Hobi

Tips cara mengatasi malas menulis artikel di blog pertama adalah menjadikannya sebagai hobi. Hobi merupakan sesuatu yang disukai sehingga ketika melakukannya dengan bahagia.

Ketika melakukan sesuatu dengan rasa senang, maka akan membangkitkan semangat sehingga menciptakan sebuah postingan di blog bukan lagi menjadi paksaan. Jadi, pertama-tama tumbuhkan perasaan menyukai apa yang dilakukan.


2. Memiliki Teman Sesama Blogger

Selanjutnya tips cara mengatasi malas menulis artikel di blog adalah temukan teman dengan hobi sama. Dengan demikian bisa berbagai informasi dan bertukar pikiran mengenai bagaimana menulis blog yang bagus serta penerapan SEO.

Berteman dengan orang sehobi akan meningkatkan semangat dan menjadikan kegiatan ngeblog menjadi hal yang menyenangkan. Lakukan kegiatan ngeblog bersama sehingga tidak merasa sendiri dalam mengarungi dunia blog.

Namun, selalu ingat jangan bersaing dengan teman Anda apalagi merasa iri apabila teman tersebut lebih sukses. Justru harus belajar dari kesuksesan teman dan mencontoh hal-hal baik darinya.


3. Ngeblog Bukan Hanya Menulis

Kegiatan ngeblog bukan hanya menulis, jadi ketika tidak ada ide untuk menulis bisa juga melakukan kegiatan lain dengan laman web Anda. Misalnya mengotak-atik template, mengubah warna, atau mengubah tampilannya.

Membaca kembali postingan di blog dan memperbaikinya juga dapat dilakukan sebagai pengisi waktu. Selain itu, kegiatan membuat desain gambar untuk postingan di laman situs juga merupakan kegiatan bagus dilakukan sebagai pengisi waktu.

Bukan hanya dengan menjadi pengisi waktu, mengelola laman web juga bisa membuat ide bermunculan sehingga bisa menciptakan artikel lagi dan mempostingnya di halaman blog Anda.


4. Mencari Ide Menulis

Tips cara mengatasi malas menulis artikel di blog berikutnya adalah cari ide menulis. Ide tidak datang begitu saja, tapi harus dicari dan digali sehingga dapat muncul dan ketika muncul harus langsung menangkapnya.

Permasalahan mengenai ide yang tidak muncul merupakan gangguan pada semua penulis, tapi bagian pentingnya adalah bagaimana menyingkirkan gangguan ini. Salah satu caranya adalah dengan melakukan beberapa eksperimen untuk menemukan ide.

Misalnya, mencoba menonton film dari genre yang tidak disukai, melakukan hal baru, makan makanan baru, atau mengobrol bersama teman. Ada banyak cara memunculkan ide bisa dilakukan.


5. Mencari Hiburan

Para penulis yang mampu menghasilkan banyak karya tulis tidak selalu duduk di depan komputer mereka. Para penulis yang konsisten memiliki kemampuan untuk membagi waktu dan memberikan hiburan bagi diri sendiri.

Hiburan yang dimaksud tergantung dari masing-masing individu, misalnya melakukan aktivitas luar ruangan seperti jalan-jalan, berolahraga, berbincang dengan orang lain, atau berbagai hal lainnya.

Jika ide sedang berhenti dan malas menjadi-jadi, maka cobalah hibur diri Anda dahulu dengan melakukan berbagai hal menyenangkan. Dengan begitu, ide akan muncul sehingga membuat bersemangat menuliskannya.


6. Melakukan Riset di Mesin Pencari

Tips cara mengatasi malas menulis artikel di blog selanjutnya adalah melakukan riset. Anda dapat melakukan riset mengenai berbagai macam hal yang terlintas di kepala, misalnya “ide menulis hari ini”.

Coba ketikkan kalimat tersebut di Google dan lihat apa yang dimunculkan oleh mesin pencari tersebut. Bisa jadi, akan ada berbagai macam ide muncul setelah melihat hasil riset dari Google tersebut.

Ini merupakan tradisi blogger zaman old, tapi masih bisa digunakan saat ini. Apalagi zaman sekarang banyak hal-hal jadul kembali populer sehingga tidak masalah jika mengeluarkan ide-ide zaman old.


7. Melawan Rasa Malas

Tips terakhir adalah harus melawan dan mengalahkan rasa malas, yaitu dengan memulainya sekarang. Just do it, begitulah Anda harus memotivasi diri untuk melakukan hal yang diinginkan.

Cobalah biasakan diri untuk menulis setiap harinya dengan membuat target harian. Misalnya, sehari harus merangkai 500 kata meskipun hanya berupa catatan saja, tapi lama kelamaan akan menjadikan kebiasaan baik dan memantapkan tulisan Anda.

Untuk menghilangkan kemalasan yang paling penting adalah memotivasi diri sendiri untuk bergerak. Sebab niat akan hanya sekadar menjadi niat saja apabila tidak dilakukan, maka mulailah bergerak dari sekarang.

Setelah membaca artikel ini, Anda harus segera bergerak dan memacu diri melawan rasa malas. Menjauh sesaat dari media sosial dan coba memfokuskan diri mengikuti tips cara mengatasi malas menulis artikel di blog yang kami berikan, selamat mencoba.

1 comment for " 7 Tips Cara Efektif Mengatasi Malas Menulis Artikel Blog "

  1. Musuh terbesar seorang penulis adalah rasa malas yang diperturutkan. Terima kasih atas sharingnya ...

    ReplyDelete