Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Siapa Pendiri YouTube, Kapan Dan Dimana Youtube Dibuat ?

sejarah-siapa-pendiri-Youtube-dan-kapan-berdirinya-Youtube, Sejarah Singkat Youtube, Siapa Pendiri Penemu Youtube, Kapan youtube berdiri didirikan, Dimana Youtube dibuat, Kronologi sejarah singkat Youtube, Sejarah Singkat Youtube, Siapa Pendiri Penemu Youtube, Kapan youtube berdiri didirikan, Dimana Youtube dibuat, Kronologi sejarah singkat Youtube

Hay Sobat dunia Online, Bagaimana kabarnya ? Moga Sehat selalu ya, Amin. Kali ini saya akan mengulas mengenai Sejarah Siapa Pendiri YouTube, Kapan dan Dimana Youtube Dibuat?. Selengkapnya simak ulasan artikel di bawah ini.

Youtube merupakan salah satu media yang sudah tidak asing lagi bagi semua pengguna smartphone. Media yang satu ini dapat digunakan sebagai media sharing video baik itu mempublikasikan atau melihat isi video yang ada di dalamnya. Melihat itu, apakah anda tahu siapa pendiri youtube, kapan dan dimana youtube dibuat?

Kronologi Sejarah YouTube.

Youtube didirikan oleh mantan pekerja PayPal, yakni Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim. Chen dan Karim menempuh studi ilmu komputer di University of Illinois at Urbana Champaign, sedangkan Hurley menempuh studi desain di Indiana University of Pennsylvania. Ketiga orang tersebut sebelumnya bekerja di perusahaan PayPal dan pada tahun 2005 mereka memiliki inovasi untuk membuat Youtube. 

PayPal Inc merupakan perusahaan jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik. Metode pembayaran ala Paypal telah menggantikan metode lama dalam bertransaksi, yaitu transaksi yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. Tujuan perusahaan PayPal adalah menawarkan jasa kemudahan transaksi pembayaran kepada para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain. Markas perusahaan Paypal berada di San Jose, California, Amerika Serikat.

Berdirinya Youtube pada awalnya merupakan kesulitan besar yang dialami saat berbagi video pesta makan di apartemen Steve Chen.  Ide Youtube tercetuskan setelah makan pesta yang dilakukannya usai dan diperkuat oleh metode pemasaran.

sejarah-siapa-pendiri-Youtube-dan-kapan-berdirinya-Youtube

Perusahaan teknologi rintisan mengawali Youtube pada tahun 2005-06, dimana terdapat investor pada saat itu yang menyumbang $11,5 juta oleh Sequoia Capital. Letak kantor pertama youtube dibuat berada di atas sebuah restoran Jepang dan pizzeria di San Mateo, California.

Domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya. Perkembangan terus terjadi dalam mendirikan youtube yang telah menjadi media sharing yang bermanfaat untuk orang banyak.

Video Pertama Youtube.

Unggahan video Youtube pertama yang berjudul “Me at the Zoo” yang diunggah pada pukul 20:27 hari Sabtu, 23 April 2005. Lokasi video tersebut berada di kebun binatang San Diego Zoo. Video tersebut diunggah oleh Jawed yang merupakan pendiri dari Youtube. Sebelum peluncuran resminya, youtube menawarkan uji beta terlebih dahulu pada bulam Mei 2005. Pada bulan November 2005, youtube baru bisa diresmikan.


Ketika Tulisan ini dipublis, Video Jawed yang berdurasi 18 detik tersebut memiliki kurang lebih 100.081.586 views, 6.713.799 Komentar, 3.4 Juta Like, 103 ribu dislike. 

Perkembangan Youtube Tahun Ke Tahun.

Pada November 2006, Google membeli Youtube dengan harga $1,6 miliar. Sehingga saat ini youtube merupakan anak perusahaan milik Google. Perkembangannya pun semakin meroket semenjak tahun 2006, dimana terdapat 65.000 video lebih yang diunggah setiap harinya hingga Youtube menerima 100 juta kunjungan setiap harinya. Pertumbuhan pun terus terjadi secara signifikan yang mampu menambah banyak kunjungan setiap harinya.

Pemilihan nama Youtube sendiri sempat mengalami masalah dimana terdapat salah satu nama situs yang hampir serupa pada kala itu, yakni “utube.com”. Pemilik situs tersebut melapotkan youtube kepada pihak yang berwajib. Sejak itu juga Universal Tube mengubah situsnya menjadi “utubeonline.com”

Youtube kembali mengalami kejayaannya di tahun 2008 yang mampu meraup keuntungan hingga $200 juta. Pengunjung yang datang menghabiskan waktu kurang lebih 15 menit setiap harinya. Youtube juga menjalin kerjasam dengan NBC setelah membuat persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertaiment dan CBS, dimana seseorang bisa mengunggah video atau film berdurasi penuh di situs ini.

Pada tahun 2009, youtube meluncurkan show untuk penonton Britania yang memiliki durasi penuh. Memasuki tahun 2010, youtube memperkenalkan layanan sewa film daring hingga 6000 film. Bahkan berbagai macam konten tertentu dapat dinikmati secara gratis oleh pengguna youtube. Pada tahun 2011-12, pendapatan Youtube mengalami peningkatan yang signifikan, yakni mencapai 4 miliar per harinya. 

Di tahun 2011, Google+ melakukan kerjasama dengan youtube, dimana seseorang bisa mengakses Youtube melalui google+. Pengguna smartphone dapat melihat video youtube melalui google+. Kanal video juga ditampilkan Youtube pada akhir tahun 2011 yang merupakan umpan situs jejaring sosial. Perubahan tampilan pada logo Youtube pun dilakukan supaya lebih terkesan.

Perkembangan pun terus terjadi mulai dari pendapatan dan banyaknya pengguna Youtube yang menggunakan media sharing video. Bahkan Youtube sudah melakukan kerjasama, dimana setiap smartphone sudah disediakan apliaksi youtube secara otomatis. Hal ini dikarenakan Youtube memiliki fungsi yang sangat penting untuk dimanfaatkan oleh banyak orang. Hingga saat ini, Youtube menjadi salah satu media sharing yang paling banyak digunakan oleh orang-orang.

Seperti yang anda ketahui, youtube memberikan banyak informasi melalui unggahan video yang ada di dalamnya. Disini anda bisa mendapatkan beragam informasi secara lengkap mengenai apa yang anda cari.

Selain itu, anda juga bisa mendapatkan penghasilan melalui Youtube dengan cara mengunggah video dan mendaftarkan monetisasi iklan. Akan sangat bermanfaat untuk anda bisa mendapatkan sumber penghasilan melalui youtube. Sudah ada banyak orang yang membuktikan penghasilan dari youtube.

Melihat sejarah berdirinya youtube, pastinya ada proses yang sangat panjang dengan menghadapi berbagai macam rintangan. Kehadiran Youtube telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat dunia agar bisa berbagi video atau berkarnya melalui media sharing ini. Demikian artikel mengenai kronologi sejarah berdirinya Youtube.

-Sekian-


Post a Comment for "Sejarah Siapa Pendiri YouTube, Kapan Dan Dimana Youtube Dibuat ?"