Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Sablon DTG, Polyflex dan Plastisol ?

Sablon merupakan salah satu kata yang sangat familiar dalam dunia fashion. Sablon adalah suatu teknik mencetak yang memberikan variasi pada sebuah fashion supaya lebih menarik. 

Banyak jenis sablon yang digunakan oleh orang-orang, namun hanya ada beberapa yang familiar ditelinga kita. 

Adapun beberapa sablon yang dimaksud adalah sablon DTG (Direct To Garmen), Polyflex dan Plastisol. Selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Apa itu Sablon DTG, Polyflex, Plastisol dan Rubber, Perbandingan kelebihan dan kekurangan jenis sablon

SABLON DTG

Apa yang dimaksud dengan Sablon DTG ?

Sablon DTG (Direct To Garment) merupakan salah satu mesin sablon yang dilakukan dengan metode mencetak langsung dari tinta ke garment melalui proses pre-treatment dan heatpress. 

Teknik sablon DTG dilakukan dengan menggunakan teknologi printer. Berbagai jenis printer DTG yang digunakan untuk menyablon seperti Printer DTG A3 Super, New Era, dan lain-lain.

  • Apa kelebihan Sablon DTG?

Pengoperasian simple, hanya menggunakan komputer. Jika anda menggunakan sablon DTG hasilnya akan lebih berkualitas dan memiliki resolusi tinggi dari segi warna. Selain itu dengan mesin print DTG, penyedia jasa sablon bisa menerima order sablon satuan. 

Hasil sablon langsung menyatu dengan kain sehingga tidak perlu takut jika hasil sablon akan luntur atau pecah meski dicuci berulang. Proses pengerjaan sablon relatif cepat. 

  • Apa Kekurangan Sablon DTG ?

Harga jual jasa sablon mahal jika dibanding dengan sablon manual. Tidak cocok untuk cetak masal, Printhead akan mudah panas dan cepat eror, maka waktu pencetakan harus diatur dengan baik. Tidak semuanya Bahan Kain cocok menggunakan printer DTG. Beberapa kain yang cocok adalah kain katun. 

SABLON POLYFLEX

Apa yang dimaksud dengan Sablon Polyflex?

Sablon polyflex merupakan salah satu jenis sablon yang dilakukan dengan menggunakan bahan seperti vinyl atau sticker yang dicetak dengan menggunakan mesin press. 

Adapun Proses pengerjaannya yaitu lembaran Vinyl dipotong dengan menggunakan mesin cutting yang secara otomatis terintegerasi dengan komputer. 

  • Apa kelebihan Sablon Polyflex ? 

Kelebihan menggunakan sablon Polyflex adalah proses pengerjaannya yang mudah dan singkat. Memungkinkan anda konsumen Bisa order satuan melalui teknik sablon polyflex ini. Sablon polyflex memiliki daya rekat yang tinggi sehingga hasil sablon mampu menempel kuat pada baju. 

  • Apa Kekurangan Sablon Polyflex ?

Hasil cetak Sablon polyflex pada kain akan mudah hilang bilamana mencucinya dengan disikat secara keras. Untuk menghindarinya, sebaiknya anda mencucinya dengan menguceknya saja. Warna tidak sevariatif sablon Digital printing DTG. 

Kurang bagus untuk sablon dengan warna gradasi. Hindari kontak langsung penyetrikaan pada area cetakan sablon.

SABLON PLASTISOL

Apa itu yang dimaksud Sablon Plastisol ?

Sablon plastisol adalah jenis sablon yang memakai tinta tekstil berbahan dasar berupa minyak yang disebut resin poly vinyl chloride atau PVC serta plasticizer.

  • Apa Kelebihan Sablon Plastisol?

Bahannya yang berkualitas menjadikan kaos yang disablon dengan bahan plastisol akan memiliki keawetan yang tahan lama. Hal itu dikarenakan bahan yang digunakan benar-benar memiliki kualitas yang sangat unggul. Pilihan warna tinta bervariasi. 

  • Apa Kekurangan Sablon Plastisol?

Hasil cetak sablon yang berkualitas membutuhkan proses sedikit lebih lama dibandingkan dengan jenis sablon DTG dan Polyflex. Hindari terkena setrika secara langsung pada area sablon. Harga tinta plastisol tergolong mahal karena tinta dihasilkan dari sintesis minyak yang langka.
  
Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai jenis sablon DTG, Polyflex dan Plastisol dan Rubber yang saya himpun dari beberapa sumber. Anda bisa memilih teknik sablon pada kaos sesuai keinginan dan kebutuhan anda. 

Apabila anda ingin membuat kaos custom satuan, sebaiknya anda memilih sablon digital DTG atau Polyflex. Namun jika anda ingin membuat sablon kaos custom satuan dengan harga terjangkau, anda bisa memilih sablon Polyflex. 

Saya telah mencoba menggunakan sablon polyflex harga lebih murah dibanding DTG dan hasil sablon juga bagus. 

Spesifikasi yang saya pilih ketika itu adalah Sisi depan: ukuran A3, banyak warna sedangkan Sisi Belakang: ukuran A7, satu warna. 

Demikian artikel mengenai Apa itu Sablon DTG, Polyflex dan Plastisol. Semoga Bermanfaat.

-Sekian-

Post a Comment for "Apa Itu Sablon DTG, Polyflex dan Plastisol ? "