Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi No Ruim Pada Kartu Sim Modem Smartfren (100% Berhasil)

Kronologibayu- Modem internet adalah salah satu produk kemajuan jaman. Dari perangkat kecil ini kita dapat menjalankannya untuk mengakses data dari internet. Banyak produk / merek modem yang ada di indonesia, salah satunya adalah modem smartfren. 

Berbicara mengenai modem smartfren ini, Saya pernah menemui tulisan No Ruim di tampilan modem smartfren saya. Di bawah ini adalah gambar SIM Card modem saya yang tidak terdeteksi ada tulisan No Ruim.

Apa Penyebab  Modem Smartfren No Ruim, Bagaimana Solusi cara mengatasi sim card modem smartfren yang tidak terdeteksi (No Ruim), Cara Mengatasi SIM Card Modem Smartfren No Ruim,

Berdasar apa yang saya alami ini, Saya akan berbagi Pengalaman Cara mengatasi SIM Card modem tidak bisa terdeteksi (No Ruim). Selengkapnya di bawah ini :

Awal dari semuanya ini, kita harus tahu dulu beberapa penyebab mengapa modem menunjukkan No Ruim. Apa saja penyebab Modem Smartfren No Ruim/ Tidak Ada Kartu Ruim

1. Kartu RUIM tidak dimasukkan.
Nah, bisa jadi Anda lupa belum memasukkan kartu Ruim atau Kartu Ruim tidak ada di dalam modem anda. //Solusi: Masukkan kembali Kartu RUIM Smartfren ke dalam modem.//

2. Kartu RUIM tidak dimasukkan dengan benar. 
Terkadang bagian depan dan belakang kartu membingungkan. //Solusi: Silahkan mengacu kepada petunjuk penggunaan dan Masukkan kartu RUIM dengan posisi yang benar.//

3. Kartu RUIM rusak / Mati.     
//Solusi: Ganti Kartu RUIM di Galeri Smartfren terdekat di kota anda.//

Langkah-langkah cara mengatasi SIM Card modem smartfren yang tidak terdeteksi (No Ruim).

Langkah-langkah dibawah ini adalah beberapa cara yang pernah saya tempuh untuk mencari solusi mengatasi modem smartfren No Ruim. Adapun urutan langkah memperbaiki SIM Card Modem yang No Ruim adalah sebagai berikut.
  1.  Lepas SIM Card Smartfren dari slotnya.
  2. Periksa apakah kaki-kaki tembaga di modem anda ada yang bengkok?, jika iya, coba anda luruskan secara hati-hati dengan menggunakan jarum. Bisa jadi bengkoknya kaki-kaki tembaga ini menyebabkan modem anda tidak dapat membaca sim card anda. // Dalam kasus No Ruim yang saya alami, saya tidak menemui kaki-kaki tembaga modem yang bengkok. Jika anda mengalami hal yang sama dengan saya, maka abaikan langkah kedua ini //
  3. Bersihkan tembaga pada Kartu Sim dengan kapas bersih.
  4. Masukkan kembali sim card anda ke dalam modem dengan keadaan benar.
  5. Pasang kembali modem anda ke laptop dan lihat hasilnya.

Jika dengan langkah-langkah ringan diatas masalah anda berhasil teratasi  maka dapat disimpulkan bahwa masalah yang anda alami hanya berupa pemasangan kartu sim yang mungkin kurang sedikit pas pada slotnya. 

Apabila anda sudah menggunakan cara-cara diatas namun modem anda masih tetap mengalami status No Ruim maka dapat disimpulkan bahwa kartu Modem anda bisa jadi telah rusak/ mati.

Bagaimana cara mendeteksi, apakah kartu sim / SIM Card Modem smartfren anda benar-benar rusak atau mati ?

coba anda masukkan sim card modem smartfren milik anda  ke dalam HP yang mendukung SIM Smartfren,  Jika sim card bisa terdeteksi berarti bisa jadi Modem anda mengalami masalah. Namun apabila sim card anda tidak dapat terdeteksi maka sim modem anda benar-benar telah mati.

Beberapa hal diatas adalah langkah yang pernah saya tempuh untuk mengatasi status modem No Ruim. Hasil akhir dari apa yang pernah saya tempuh menunjukkan bahwa sim card modem smartfren saya tetap menunjukkan No Ruim. 

Ternyata sim card milik saya telah rusak/mati, sehingga berakibat pada tidak dapat terdeteksinya kartu sim dengan munculnya status No Ruim.

Langkah terakhir yang saya tempuh adalah tidak lain dan tidak bukan saya terpaksa membeli kartu sim modem smartfren yang baru. Padahal masa aktif limit kartu yang lama masih sekitar 1 minggu lebih. 

Ya,  itu adalah resiko yang harus siap ditanggung sebagai pengguna modem. Setelah saya beli Sim Card yang baru, akhirnya masalah No Ruim pada modem saya bisa 100% berhasil teratasi .  Terima kasih klinik Plontang !

Demikian Cerita pengalaman saya cara mengatasi Modem Smartfren No Ruim.

 - Sekian-

Disclaimer/Sangkalan: Tidak ada muatan Iklan dalam postingan di atas. Penulis hanya bermaksud berbagi pengalaman mengenai troubleshooting modem yang pernah dialami kepada para pembaca.

1 comment for "Cara Mengatasi No Ruim Pada Kartu Sim Modem Smartfren (100% Berhasil)"

  1. Thank you for sharing this valuable and important info with us. So much fun and easy to read on read more

    ReplyDelete