Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biodata Profil Siapa Bill Gates Penemu Microsoft

Mengetahui biodata siapa Bill Gates Penemu Microsoft merupakan pengetahuan umum yang bisa sekaligus dijadikan sarana menambah wawasan. Gates merupakan salah satu tokoh inspirator dunia di mana penemuannya memberikan banyak manfaat sampai detik ini.

Namanya bertengger sebagai orang terkaya nomor satu di dunia, bukan hanya satu kali, namun berlanjut hingga ke tahun-tahun berikutnya. Senada dengan Mark Zuckerberg yang didrop out dari kampus, demikian juga dengan kisah masa silam pendiri Microsoft ini.

Nama lengkap Bill Gates adalah William Henry Gates III, lahir di Seattle pada 28 Oktober 1955. Beliau merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Lebih lengkap tentang biodata Bill Gates akan saya bahas dalam uraian latar belakang hingga perjalanan karirnya.


Biodata Bill Gates Penemu Microsoft membantu Anda mengenal siapa sosok berjasa selama ini yang manfaatnya kerap dirasakan.

Biodata Bill Gates Penemu Microsoft Serta Latar Belakangnya

Berdasarkan biodata Bill Gates sedari kecil sebenarnya ia merupakan pribadi cerdas, namun tidak begitu bersemangat. Memasuki usia 11 tahun, kedua orang tuanya berpikiran untuk memindahkan ia ke sekolah bergengsi khusus laki-laki di Lakeside School.


Karena perpindahan sekolah tersebut, untuk pertama kalinya ia mengenal dunia komputer berbentuk mesin teletype yang dihubungkan pada telepon ke komputer pembagian waktu. Dari sana muncul ketertarikan hingga berjam-jam ia selalu mengulik berbagai fungsi komputer.


Pendiri Microsoft yang melegenda ini menjadi salah satu orang paling berpengaruh di dunia karena didikan orang tuanya yang disiplin dan berani mengambil risiko. Tidak heran jika kemudian meskipun drop out dari universitas ternama dunia, namun tetap berkembang bisnisnya hingga saat ini.

Tahun 1994, beliau menikahi seorang wanita bernama Melinda, seorang manajer produk Microsoft kala itu. Pernikahan tersebut melahirkan tiga orang anak, yakni Rory John, Jennifer Katherine, dan Phoebe Adele Gates.

Uniknya, jika Anda membaca lengkap biodata Bill Gates Penemu Microsoft secara lengkap, akan memahami pemikiran beliau secara menyeluruh. Meskipun drop out dari Harvard, namun dirinya beranggapan orang yang lulus universitas maka kehidupannya lebih menjanjikan.

Perjalanan Karir Mendirikan Microsoft

Jika melirik latar belakang ketertarikan Gates pada dunia komputer dari biodata Bill Gates Penemu Microsoft di atas, Anda akan menemukannya pada usia belia. Nama Paul Allen turut memberikan jasa besar dalam perjalanan karir dan bisnis sang pendiri Microsoft ini.

Kala itu dirinya dan Paul Allen membuat sebuah program untuk membantu lalu lintas di Seattle. Berlanjut kemudian adanya ketertarikan pada komputer Altair 8800 dengan menggunakan lab komputer Harvard demi menyelesaikan program basic selama dua bulan.

Paul Allen kala itu langsung ditarik untuk bekerja dengan MITS, pendiri Altair 8800, sementara Gates sendiri memutuskan putus kuliah hukum. Dirinya percaya diri dan memilih lebih serius dalam mempelajari bidang komputer sampai akhirnya mendirikan Microsoft.

Microsoft sendiri berdiri tahun 1975, di mana pendirian tersebut mengalami lika-liku dalam berbisnis. Mulai dari pembajakan yang marak dilakukan hingga pemutusan hubungan kerja dengan Altair 8800. Namun, hal tersebut tidak membuat nyali kedua pendiri Microsoft ciut.

Tahun 1979 menjadi tahun kebangkitan bagi keduanya setelah meraih keuntungan senilai 2,5 juta dolar. Kala itu mereka memutuskan untuk memindahkan kantor ke Seattle Timur, tepatnya di Bellevue.

Banyak lika-liku telah dilewati, seperti salah satunya gugatan yang dilayangkan oleh IBM yang berakhir pada penambahan keuntungan Ms menjadi 16 juta dolar. Banyak sisi menarik ketika Anda lebih jauh membaca perjuangan sang legenda dari biodata Bill Gates Penemu Microsoft.

Bill Gates di Mata Dunia

Melalui pasang surut berbisnis hingga memutuskan drop out dari universitas impian sedunia, keputusannya tidak percuma. Tercatat beberapa pandangan dunia pada salah satu tokoh terkaya di dunia ini, diantaranya:


1. Pekerja Keras yang Bijaksana

Dirinya merupakan seorang pekerja keras yang cerdas dan bijaksana dalam menjalani kehidupan. Pernah dengar kisahnya memberikan tip pada seorang pelayan kafe? Kala itu sang pelayan mengeluh karena orang terkaya di dunia itu memberikan tip lebih kecil dari anaknya.


Mendengar keluhan sang pelayan, dirinya menjawab dengan santai bahwa anaknya adalah anak orang terkaya di dunia, sementara dirinya sendiri adalah seorang anak tukang kayu. Kesimpulannya adalah sebanyak apapun harta dimiliki, tidak mengubah kebijaksanaan dirinya.


2. Miliarder Termuda Tahun 1987

Pada usia 31 tahun, dirinya dinobatkan sebagai miliarder termuda versi Forbes dengan nilai kekayaan total 1,25 miliar dolar AS. Di saat itu, merunut pada tanggal lahir di biodata Bill Gates Penemu Microsoft maka diketahui kejayaan beliau telah tercium semenjak 1987.


3. Dermawan dan Cinta Lingkungan

Meskipun telah menjadi orang terkaya, namun ia dan sang istri tidak lantas memberikan seluruh kekayaannya pada ketiga anaknya. Hasil bisnisnya selama ini disumbangkan kepada yayasan yang didirikannya sendiri bersama sang istri.


Uniknya lagi, yayasan tersebut bergerak di bidang pelestarian lingkungan. Sikapnya bersama sang istri yang dermawan dan cinta lingkungan merupakan teladan untuk semua orang. Keputusan untuk tidak memanjakan anak-anaknya juga merupakan pola asuh yang baik.


4. Penghargaan yang Didapatkan

Dirinya pernah mendapatkan penghargaan dari Ratu Elizabeth II berupa gelar kebangsawanan. Majalah Time juga memberikan penghargaan kepada ia dan sang istri sebagai tokoh paling berpengaruh di abad ke-20 pada tahun 2005. 


Selain itu, tahun 2016 juga menjadi tahun bersejarah baginya karena mendapatkan penghargaan dari Obama selaku penerima Presidential Medal of Freedom. Begitu besar dan terasa nyata kiprah dan pencapaian bisnis Gates dari puluhan tahun silam sampai sekarang.


Sebagai tokoh dunia, kisah hidup Bill Gates dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dengan membaca biodata Bill Gates Penemu Microsoft secara lengkap, Kita bisa mendapatkan banyak motivasi untuk terus berkembang lebih baik.


Demikian artikel mengenai  Biodata Profil Siapa Bill Gates Penemu Microsoft. 

Semoga bermanfaat.


-Sekian- 

Post a Comment for " Biodata Profil Siapa Bill Gates Penemu Microsoft"