Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Cara Agar Tetap Bugar Dan Kuat Bekerja Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Kronologibayu- 7 Tips Cara Agar Tetap Bugar Dan Kuat Bekerja Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan | Tetap bugar dan kuat beraktivitas normal saat puasa adalah keinginan setiap orang. Ketika kita bugar maka kita tidak akan mudah lemas saat berpuasa. 

Kita tahu bahwa ibadah puasa ramadhan selalu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang yang menjalankannya.


Bukan hal yang mudah untuk menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. Meskipun demikian kita harus dituntut memiliki kondisi bugar agar mampu menjalankan kewajiban pekerjaan ditengah suasana puasa Ramadhan.

Tidak ada alasan untuk bermalas-malasan untuk menjalankan aktivitas atau pekerjaan meskipun kita sedang berpuasa. Di bawah ini adalah 7 Tips tetap bugar dan kuat bekerja saat berpuasa di bulan Ramadhan. Yuk, baca terus di sini!

1. Niat Yang Kuat.

Hal yang pertama yang diperhatikan untuk menjalani segala kegiatan adalah meneguhkan niat. Niat adalah pondasi dasar yang harus dimiliki setiap orang. Ketika niat anda besar, maka niscaya anda akan mampu menjalani ibadah Puasa dengan baik, meskipun anda menjalankan ibadah puasa sambil menjalankan kewajiban pekerjaan.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi dan Berserat Tinggi.

Anda tidak dianjurkan memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan dalam kuantitas besar saat sahur dan berbuka. Sebaliknya, anda disarankan untuk fokus pada kualitas makanan yang akan anda konsumsi.

Nutrisi makanan yang baik dapat memberi energi lebih banyak saat anda berpuasa. Konsumsi makanan yang memiliki karbohidrat kompleks, Protein dan makanan berserat tinggi sangat dianjurkan agar asupan gizi tetap terjaga selama bulan puasa .

3. Beri Asupan Air Putih Yang Cukup Bagi Tubuh. 

Air putih mengandung mineral yang diperlukan tubuh untuk menjaga kadar oksigen pada otak.  Ketika Sahur, anda harus minum air putih yang cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi selama puasa. Setelah berbuka puasa, anda juga dianjurkan untuk meminum air putih yang cukup. 

Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis karena hal tersebut akan membuat anda mudah merasa ngantuk.

Berapa Asupan Air Putih Yang Dibutuhkan Saat Berpuasa ? 

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan mengenai pola asupan air putih saat berpuasa. Berdasar laman kesehatan dokter sehat bahwa pola asupan air putih adalah sama seperti hari-hari biasa yaitu 8 gelas perhari, namun kita disarankan untuk melakukan pembagian. Bagi 8 gelas air menjadi komposisi 3-3-2 (versi lain ada 2-4-2).

Minum 3 gelas air putih saat sahur. Minum air putihnya tanpa ada tambahan apa pun. Kemudian minum 3 gelas air putih saat sedang berbuka puasa. Minum sesaat setelah azan, setelah makan berat, dan sebelum salat tarawih. 

Anda bisa membagi sendiri kebutuhan air putih yang pas saat berbuka puasa. Terakhir, minum 2 gelas air putih yang bisa anda dilakukan sebelum tidur.

4. Lakukan Olahraga Ringan Di Sore Hari.

Berolahraga selama bulan puasa merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan para ahli untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun kegiatan olahraga yang anda lakukan saat berpuasa harus memperhatikan beberapa syarat, seperti : Olahraga yang dipilih adalah olahraga ringan dan waktu pemilihan olahraga adalah di sore hari.

Apa saja olahraga yang cocok dilakukan saat berpuasa? 

Ini dia beberapa olahraga yang cocok dilakukan saat puasa Ramadhan yang saya kutip dari laman halodoc. yaitu: Jalan Santai, Bersepeda , Bowling, Latihan Beban (beban yg tidak telalu berat), Jogging, Yoga.

5. Istirahat / Tidur Yang Cukup.

Kekurangan porsi tidur akan mempengaruhi kinerja otak sehingga akan mempengaruhi daya kebugaraan anda saat beraktivitas . Untuk itu sangat disarankan kepada anda agar tidak begadang ketika puasa.

Apabila anda tidak memiliki kegiatan yang urgen setelah tarawih, maka saat itu juga anda bisa memanfaatkan untuk segera beristirahat.

Kepandaian anda mengatur pola istirahat saat puasa di bulan ramadhan adalah kunci sukses untuk mendapatkan kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

6. Hindari Tempat Yang Panas. 

Tempat yang memiliki cuaca yang cukup panas akan membuat tubuh anda akan mudah mengalami dehidrasi/kekurangan cairan. Maka daripada itu hindari untuk berada di tempat yang panas dalam jangka waktu yang lama.

7. Jangan Melupakan Makan Sahur. 

Makan disaat Sahur merupakan bagian terpenting untuk memberi tambahan asupan energi selama berpuasa. Pilihlah makanan dengan asupan nutrisi seimbang yang berupa karbohidrat kompleks, serat dan protein yang cukup agar asupan energi tetap terjaga.

Dapat dikatakan bahwa makan sahur adalah aktivitas layaknya sarapan bagi kita di bulan Ramadhan. 

Tidak melewatkan sahur adalah cara sederhana agar tetap bugar dan kuat menjalankan ibadah puasa.

Demikian artikel berjudul 7 Tips Cara Agar Tetap Bugar Dan Kuat Bekerja Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan. Semoga Bermanfaat.

-Salam-

Post a Comment for "7 Tips Cara Agar Tetap Bugar Dan Kuat Bekerja Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan"